Indonesia raih Juara I kompetisi Semi-Final Volvo Trucks VISTA 2015-2016

Valery Muyard (kiri) bersama Red Borneo

Lebih dari 18.500 peserta telah mengambil bagian dalam Volvo VISTA 2015-2016, kompetisi terbesar di dunia untuk para ahli aftermarket di jaringan Volvo Trucks. Di Asia Pasifik sendiri, kejuaraan ini telah menarik lebih dari 4.000 peserta – ini merupakan kejuaraan yang terbesar yang pernah dilaksanakan di semua kontingen pada kejuaraan VISTA yang berlangsung setiap dua tahun ini.

Pada kejuaraan Semi-Final VISTA 2015-2016 kali ini, sebanyak 24 tim dari Asia Pasifik tersaring untuk diadu keahliannya di Bangkok, Thailand. Mereka mengikuti kompetisi 2 hari dengan menyaring sebanyak 6 tim pemenang dari Indonesia, Singapura, Australia, China, dan Taiwan untuk maju ke Final Dunia di Gothenburg, Swedia yang akan berlangsung pada 31 Mei, 2016.

Bagi Volvo Trucks Indonesia sendiri, inilah kali kelimanya para mekanik dari Indonesia mengikuti ajang kejuaraan VISTA. President Director Volvo Trucks Indonesia, Valery Muyard mengatakan,

“Ini merupakan suatu kebanggaan dan pengalaman yang luar biasa bagi para mekanik kita yang ikut berpartisipasi dalam perlombaan ini. Khususnya pada malam ini, dimana salah satu team dari Indonesia – Red Borneo telah meraih juara pertama dalam perlombaan Semi-Final VISTA 2015-2016 untuk Asia Pasifik. Bagi kami, ini sudah merupakan sebuah pencapaian besar karena berhasil mengalahkan 23 team yang lain, untuk menuju babak final.”

Dari Indonesia, sebanyak 171 tim yang terdiri dari masing-masing 3-4 mekanik telah berpartisipasi untuk mengikuti ajang kompetisi tahun ini. Akan tetapi hanya 4 tim yang lolos maju ke babak Semi-Final di Bangkok, Thailand.

Presiden Volvo Trucks Asia Pasifik, Jacques Michel, menambahkan pada malam pengumuman dibacakan, ” Kami sangat bangga untuk mengetahui bahwa kami telah mampu melipatgandakan jumlah tim di kejuaraan tahun ini dan ingin menyampaikan selamat kepada para pemenang Sangat tidak menutup kemungkinan bagi Indonesia untuk meraih kemenangan di babak final nantinya. Rahasianya hanya terletak pada bagaimana para peserta kejuaraan kami teguh berlatih dan berinteraksi satu dengan yang lainnya untuk mencapai ekspektasi para pelanggan kami setiap harinya. ”

VISTA telah berkembang dari sebuah kompetisi lokal bagi para mekanik Volvo di Swedia pada tahun 1957 menjadi acara global yang mencakup 98 negara pada hari ini. Kawasan Asia Pasifik juga telah berkembang menjadi wilayah terbesar kedua dalam hal tingkat partisipasi, dengan lebih dari 4.000 peserta yang menghasilkan 130,000 jam pelatihan dan mewakili 15 negara yang berbeda mengambil bagian dalam edisi 2015-2016.

“VISTA bukanlah hanya sekedar kompetisi. Kejuaraan ini memiliki warisan yang kuat dan merupakan alat pengembangan kompetensi yang sangat efektif di mana tim diuji pada kemampuan mereka untuk bekerja sama, memecahkan masalah bersama-sama dan memenuhi standar yang dibutuhkan Volvo,” Michel lanjut menguraikan.

Sejak VISTA dimulai sejak bulan September tahun lalu, 2 sampai 4 orang dari tim aftermarket profesional telah bersaing di tiga putaran teoritis. Setiap tim harus menjawab 30 pertanyaan dalam setiap putaran, meliputi daerah Aftermarket, bisnis Volvo sampai pada pengoperasian truk  Sekitar 24 tim berhasil sampai ke final regional di Bangkok.

Michel menjelaskan, “VISTA mewujudkan aspirasi bahwa kita menjadi bagian penting dalam sebuah perusahaan. Kami berusaha untuk menjadi yang terdepan dalam hal kepuasan pelanggan kami dan juga terus mengejar untuk menjadi perusahaan yang handal dalam industri kami.

Bersamaan dengan ini, final regional juga sedang diadakan di Curitiba, Gothenburg dan Greensboro. Seluruhnya akan tersaring 32 tim yang kemudian akan berpindah ke final Dunia yang juga akan digelar di Gothenburg, Swedia pada 31 Mei 2016 di pusat pelatihan global Volvo Trucks.

Valery menambahkan, “Sejak VISTA pertama kali diselenggarakan, belum pernah ada tim dari Asia Pasifik memenangkan perlombaan ini. Tentunya tahun ini kami ingin sekali menjadi salah satu pemenang dalam ajang kejuaraan final VISTA 2015-2016 nantinya di Swedia, dan akan kami pastikan untuk mempersiapkan team kami dengan tambahan pelatihan yang diperlukan. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa hal yang terpenting disini adalah bagaimana setiap mekanik dapat meraih pengalaman berharga, apresiasi diri dan pelatihan yang komplit yang tidak akan mereka dapatkan dari sistem edukasi manapun. Dan inilah yang hal yang sebenarnya di dapatkan dari VISTA.”

VISTA 2015-2016 final akan digelar pada 31 Mei di pusat pelatihan Volvo Trucks global di Gothenburg, Swedia. Untuk tetap mengetahui informasi terkini dalam kompetisi ini sampai ajang final, silahkan kunjungi website VISTA (vista.volvo.com) dan ikuti VISTA di Facebook (www.facebook.com/VISTAworldchampionship)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *