Media Gathering Mazda Indonesia: Fokus Tingkatkan Kepuasan Pelanggan di 2016

1

Mengawali tahun 2016, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) menyampaikan berbagai pencapaiannya selama tahun 2015. MMI kembali membuktikan prestasinya di tahun 2015 dengan berbagai penghargaan bergengsi serta beragam kegiatan bagi Zoom-Zoom Lovers. Hal ini terungkap dalam acara Media Gathering Mazda Indonesia pada Rabu pagi, 10/2/16.

Berbagai produk lini terdepan Mazda di tahun 2015 berhasil menarik minat para pecinta otomotif dengan membukukan total penjualan sebesar 9.334 unit atau naik 2% dari tahun 2014. Total penjualan Mazda ini didominasi oleh produk SUV andalannya, New Mazda    CX-5 sebanyak 48% dari total penjualan yang kemudian diikuti oleh All New Mazda2 sebesar 32% dimana produk hatchback unggulan Mazda ini juga berhasil mencatat pertumbuhan sebesar 67% di tahun 2015

Tak hanya itu, All New Mazda2 juga berhasil memperoleh pangsa pasar sebesar 9,8%, kemudian Mazda CX-5 sebesar 11,8%, serta Mazda Biante sebesar 34,7%. Pencapaian ini telah sukses membawa kenaikan pangsa pasar Mazda secara keseluruhan sebesar 0.1% menjadi 0.9% di tahun 2015, meskipun pangsa pasar otomotif nasional secara umum mengalami penurunan sekitar 13.7%.

Pertumbuhan lainnya juga diraih MMI untuk Customer Visit Ratio atau bagi para pelanggan Mazda yang kembali melakukan perawatan mobil di dealer resmi Mazda, yang tumbuh sebanyak 4% dibandingkan tahun 2014.

Dimana pertumbuhan ini merupakan hasil program yang dijalankan oleh tim Customer Relationship Coordinator (CRC) Mazda untuk mengedukasi tenaga service advisor dalam menginformasikan pelanggan akan pentingnya melakukan perawatan kendaraan secara berkala di dealer-dealer resmi Mazda, terutama untuk produk-produk Mazda yang telah mengadopsi SKYACTIV Technology.

Selain itu, di tahun 2015, Mazda juga melakukan perluasan pada Parts Distribution Center (PDC) MMI dari 3.600 m2 menjadi 6.000 m2 demi memaksimalkan ketersediaan suku-cadang asli Mazda.

Menanggapi pencapaian tersebut, Keizo Okue, President Director PT Mazda Motor Indonesia, mengatakan:

“Seluruh pencapaian yang diraih oleh MMI di tahun 2015 merupakan pembuktian dari segala usaha terbaik kami untuk terus menunjukan konsistensi dalam menghadirkan produk dan pelayanan terbaik kepada para pelanggan,” katanya di lokasi acara media gathering bertempat di Blue Motion Fairmont Hotel, Jakarta.

“Sudah barang tentu hal tersebut juga tidak akan terwujud dan berarti tanpa adanya dukungan dari para pelanggan yang terus mempercayai komitmen Mazda. Keyakinan terhadap brand Mazda tersebut akan terus memotivasi kami untuk terus memberikan pengalaman terbaik bersama Mazda agar dapat melebihi ekspektasi pelanggan kami.” tambah Oke.

“Selain itu kami juga akan terus memperkuat berbagai inisiatif, terutama untuk pengembangan bisnis serta divisi layanan pelanggan kami untuk dapat memberikan esensi utama dari semangat Be Alive melalui produk dan layanan terbaik agar dapat memberikan warna tersendiri bagi para pelanggan kami setiap mereka mengendarai mobil Mazda.” Ujar Okue.

Menyambut tahun 2016 ini, MMI telah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk semakin meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggannya dengan mengasah dan meningkatkan keterampilan karyawan Dealer resmi Mazda melalui kompetisi Mazda Technician Contest, dimana para pemenangnya akan berpartisipasi di Mazda Technician Contest tingkat Asia – Oceania, dan juga kompetisi tenaga penjual nasional, melalui kompetisi “Indonesian Cup 2016”.

Sedangkan untuk memperluas jaringan Mazda di Indonesia, di tahun ini akan  diresmikan dealer baru di daerah Puri Indah, Jakarta Barat serta memberikan sertifikasi Dealer Mazda Cibubur sebagai “Certified Body & Paint Workshop” di daerah JABODETABEK.

Divisi layanan purna jual Mazda pun akan lebih mendekatkan diri kepada para pelanggannya dengan meneruskan program dari Customer Relationship Coordinator (CRC) untuk  senantiasa memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan seperti pemberitahuan pengantaran kendaraan baru, mengingatkan waktu servis kendaraan, serta menampung berbagai kritik dan saran pelanggan.

Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia, menambahkan, “Kami di Mazda percaya bahwa di tengah-tengah kondisi pasar otomotif Indonesia yang cukup menantang, Mazda akan terus berupaya dan terus bertumbuh bersama para pelanggan dan pencinta Mazda agar dapat lebih mudah mengakses produk dan layanan kami serta mendukung pertumbuhan yang positif bagi industri otomotif nasional.”

“Hal ini karena sudah menjadi keinginan kami untuk terus menyuarakan semangat Be Alive kepada Zoom-Zoom Lovers serta untuk mewujudkan perjalanan yang tak terlupakan di tahun 2016 agar kembali menjadi tahun yang luar biasa bersama Mazda di Indonesia.” Tutup Astrid.

Please follow and like us:

Leave a Reply