Dimana Kekurangan All New Fortuner 2016?

_MG_1436

Hiruk pikuk peluncuran All-new Fortuner yang diluncurkan pada Jumat lalu (22/01/2016) rupanya belum berakhir. Terlepas dari sejumlah fitur unggulan yang ditawarkan SUV seharga lebih dari setengah miliar (VRZ 4×4 Diesel A/T)  ini, ternyata masih memiliki sejumlah kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut dijabarkan oleh para pengguna setia Toyota Fortuner yang tergabung dalam klub ID42NER.

Adalah Davy Narendra, selaku Vice President ID42NER yang sehari-harinya menggunakan Fortuner VNT Diesel, yang menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan All New Fortuner 2016 kepada SL.com dalam sesi test drive All-new Fortuner bersama komunitas yang berlangsung pada Jumat malam (22/01/2016).

“Sebelum peluncuran hari ini, Toyota sempat mengajak kami untuk mencoba 3 varian All-new Fortuner. Saya berkesempatan mencoba varian All-new Fortuner 4×4 Diesel VRZ,” terang Davy yang sudah menggunakan Fortuner sejak 2012.

Menurut Davy, keseluruhan All-new Fortuner terbaru ini bagus banget dari segi performa dan handling, namun untuk desain terlalu manis serta bagasinya lebih kecil jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

“Kita coba performanya, untuk tarikan Fortuner diesel justru lebih enak ketimbang Fortuner bensin. Terus saya coba fitur lock differential pada transmisi 4H dan 4L, saat berlari pada kecepatan 40-50 kph, kemudi saya tekuk 180 derajat, hasilnya mobil berputar dengan radius lebih pendek dan lebih rigid dibandingkan dengan Fortuner sebelumnya.” terangnya

“Disini kita agak surprise dengan handling-nya yang kini jauh lebih stabil, karena ternyata masih menggunakan suspensi yang lama. Penyebabnya karena ada stabilizer di shock belakang yang mengarah ke depan,” imbuh Davy.

“Kalau tampilan luar atau desain masing-masing orang beda persepsi, di komunitas ada yang suka tampilan macho ada juga yang tidak. Kalau menurut saya Fortuner sekarang kelihatan manis elegan dan tidak kelihatan gaharnya. Agak sedikit futuristik di sisi lampu depan. Tapi its oke lah,” papar Davy.

Para pengguna Fortuner yang tergabung dalam klub cenderung mengubah tampilan kendaraannya dengan mengganti ban yang lebih besar atau ban semi off road.

Interior All-new Fortuner 2016

“Kemarin kami sempat trial di pabrik mobil ini kami sandingkan dengan menggunakan Fortuner member yang pakai ban ukuran besar yakni 30-31. Kalau menurut saya ukuran ban maksimal yang dapat terpasang di All-new Fortuner cukup sampai ban ukuran 28.5. Lebih dari itu sudah pasti bakal mentok di spakbor.

Selain minus di sisi spakbor, tampilan kurang gahar, dan bagasi yang lebih kecil, Davy juga mengomentari security system pintu bagasi, serta harganya yang naik cukup signifikan. Namun ada juga member ID42NER lainnya berkomentar interiornya yang kurang sesuai dengan harganya.

“Nah kekurangannya adalah harga, kalau bisa harganya dikurangin lagi deh buat temen-temen komunitas yang mau melakukan trade-in. Lalu yang jadi catatan penting, sistem pengaman pintu bagasi, yang hanya ada di titik tertentu. Misalnya kalau kita masuk setengah badan, lalu pintu tidak sengaja tertutup, pintu tersebut hanya stop dan tidak balik lagi ke atas. Kita harus pencet lagi baru terbuka,” tutup Davy.

Intinya sejumlah konsumen ataupun calon konsumen berharap jika masih memungkinkan Toyota bisa melakukan sedikit perbaikan terhadap beberapa kekurangan yang dijabarkan di atas.

2 thoughts on “Dimana Kekurangan All New Fortuner 2016?

  1. Aladine Collection menjual bermacam macam kaos polos oblong maupun berkerah, kemeja untuk keperluan promosi dan partai dengan kualitas tinggi hargatermurah seindonesia

  2. Garmen Jaya Indo menerima pesanan kaos promosi dan partai, dan juga kemeja serta aksesoris partai lainnya dengan produksi cepat harga termurah seindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *