Kinerja 2015: Penjualan BMW Group Indonesia tumbuh 5,7%

all-new BMW Seri 7 - 1

BMW Group Indonesia menutup 2015 dengan pertumbuhan penjualan 5,7% yang didukung oleh rekor penjualan sebanyak 3.638 unit untuk kendaraan BMW dan MINI, menandai satu lagi tahun pertumbuhan positif yang telah berlangsung selama lima tahun berturut-turut. Total penjualan terdiri dari 2.700 kendaraan BMW, 477 unit MINI dan 461 unit BMW Premium Selection – kendaraan MINI NEXT.

Pada skala global, BMW Group mengumumkan bahwa penjualannya tumbuh secara konsisten sepanjang tahun, menghantarkan total 2.247.485 kendaraan BMW, MINI, dan Rolls-Royce untuk pelanggan di seluruh dunia, dan menorehkan rekor tahun sukses ke-lima. Semua brand dibawah payung BMW Group mengakhiri tahun 2015 dengan penjualan yang tinggi pada bulan Desember, sehingga dengan demikian mempertahankan posisinya sekali lagi sebagai produsen kendaraan premium terkemuka di dunia.

“BMW Group Indonesia kembali mencatat pertumbuhan penjualan yang kuat pada tahun 2015, meskipun diterjang angin perlambatan di pasar otomotif Indonesia. Kami menutup tahun dengan pertumbuhan 5,7%. Angka ini mengukuhkan posisi kami sebagai satu-satunya brand otomotif premium asal Eropa di Indonesia yang secara konsisten mencapai hasil yang positif selama lima tahun terakhir. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa brand BMW dan MINI, baik produk maupun layanan purna jual kami terus memenangkan hati pelanggan yang kian bertambah,” kata Karen Lim, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

“Pertumbuhan berkesinambungan sebagian besar didorong oleh debut produk-produk baru yang luar biasa – dari all-new BMW Active Tourer sampai produk flagship kami, all-new BMW Seri 7. Masing-masing model ini menawarkan kinerja tertinggi baik dalam segi estetika maupun inovasi, seraya menjunjung tinggi komitmen kami untuk tetap menjadi brand premium pilihan bagi konsumen Indonesia,” lanjut Karen.

Ikon bersejarah selama 40 tahun, BMW Seri 3 terus memimpin dalam hal penjualan, dengan 1.217 unit kendaraan terjual. Hal ini mengukuhkan posisinya yang tak terbantahkan sebagai pelopor dan pemimpin yang tak tertandingi di kelas sedan sport modern. Menyusul setelahnya adalah BMW Seri 5, yang mencatat pertumbuhan 11% dalam grafik penjualan BMW. Secara keseluruhan, keluarga BMW X terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan untuk BMW dengan penjualan BMW X5 meningkat 64% dan BMW X4 yang lebih dari dua kali lipat penjualan sebelumnya.

Sementara itu, kendaraan sport dengan performa tingkat tinggi BMW M mencapai pertumbuhan penjualan dua digit yaitu lebih dari 40% dibandingkan tahun sebelumnya. Kehadiran BMW unggulan pada bulan Oktober 2015, all-new BMW Seri 7, juga menerima sambutan yang sangat hangat dari pasar premium Indonesia, tidak pelak lagi karena kombinasi unik dari kenyamanan tingkat tinggi, kelincahan yang dinamis, dan gaya yang elegan.

Sementara itu, dengan semangat keseruan berkendara, MINI Indonesia sekali lagi membuktikan bahwa ikon desain unik ini tidak pernah gagal untuk menghadirkan senyum di wajah para pelanggannya, dengan mencatat penjualan sebanyak 477 unit kendaraan pada akhir tahun 2015. MINI 3-Door yang populer mencatat penjualan tertinggi di Indonesia, diikuti oleh MINI 5-Door yang menarik banyak pelanggan baru ke brand ikonik tersebut, dan menyusul tidak jauh di belakangnya adalah MINI Countryman.

Pada tahun 2016, BMW Group akan sampai di tonggak yang jauh lebih signifikan karena perusahaan ini akan merayakan ulang tahunnya yang keseratus. Selama 100 tahun terakhir, industri otomotif telah banyak berubah dengan serangkaian inovasi yang semakin inventif untuk menjadi kendaraan kelas dunia.

BMW Group dengan bangga telah memainkan peran aktif sebagai salah satu inovator utama di industri otomotif dan telah memberikan banyak kontribusi terhadap berbagai perkembangan yang luar biasa selama periode bersejarah ini. Inovasi-inovasi tersebut termasuk speedometer elektronik, Navigation Professional System yang sangat berguna, serta sistem operasi iDrive yang revolusioner, yang mana seluruh inovasi ini telah menjadi standar industri untuk kendaraan modern saat ini.

Selama 100 tahun terakhir, BMW Group terus bertahan sebagai sebuah perusahaan yang berorientasi ke masa depan, selalu memandang ke depan dan membentuk masa depan. Tidak ada alasan untuk berpikir bahwa pendekatan ini tidak akan terus diterapkan karena perusahaan bercita-cita untuk merayakan “100 Tahun Berikutnya”.

“Pada tahun 2016, BMW Group Indonesia fokus mencapai kembali pertumbuhan berkelanjutan seiring perayaan 15 tahun keberadaan kami di Indonesia. BMW Seri 3 terbaru dan all-new BMW Seri 7 sama-sama memiliki awal yang sangat baik dan kami mengharapkan keduanya akan menciptakan momentum penjualan lebih lanjut bersama dengan model-model baru lainnya yang akan kami perkenalkan tahun ini, termasuk model-model baru yang memikat termasuk all-new BMW X1 dan BMW M2 perdana. Untuk MINI, kami akan meluncurkan MINI Clubman baru, yang merupakan sejarah baru bagi MINI untuk pertama kalinya memasuki segmen kelas kompak dan memperkenalkan arah baru dari merek tersebut, serta MINI Convertible baru,” tambah Karen.

“Tahun ini, kami juga akan terus fokus dalam menggandeng pelanggan kami. Dealer kami optimis dan bersemangat akan seluruh brand dibawah BMW Group dan, dengan demikian, terus berinvestasi serta memberikan layanan yang semakin baik kepada pelanggan. Pada tahun 2016, kami akan kembali menjalankan program pelanggan yang selalu sukses, seperti BMW Driving Experience 2016, dan juga memperkenalkan program-program baru yang menarik seperti BMW Elite Card. Lebih lanjut, tahun ini juga akan menjadi saksi penambahan outlet-outlet kendaraan baru serta peningkatan cabang-cabang yang sudah ada. Janji 2016 tidak berakhir di situ – kami juga berencana untuk meningkatkan nilai jual kembali kendaraan kami melalui BMW Premium Selection dan MINI Next, keduanya menawarkan kendaraan purna-pakai berkualitas tinggi. Pertumbuhan berkelanjutan yang dinikmati oleh BMW tidak diragukan lagi mencerminkan peningkatan respon positif yang kami terima di Indonesia, sekaligus mencerminkan komitmen BMW untuk selalu memposisikan masing-masing model baru kami dengan penekanan kuat pada kualitas dan teknologi inovatif, dilengkapi dengan jaminan kenyamanan dan fungsionalitas. Semua faktor tersebut bersatu dalam harmoni yang sempurna untuk menghadirkan produk unggul yang tak tertandingi bagi para pelanggan kami,” Karen menyimpulkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *