Trend Aliran JAPS STYLE Buat Motor Lawas

3 Januari 2010. Semua orang juga tau kalau negara Jepang adalah produsen motor terbesar di dunia, dan mereka memiliki sejumlah merek motor yang sudah terkenal, HONDA, YAMAHA, KAWASAKI, dan SUZUKI.  Asal tau saja, ternyata modifikasi motor yang lagi ngetrend sekarang ini khususnya di Indonesia bukan lagi memainkan motor Jepang keluaran terbaru, tetapi juga modifikasi motor lawas alias motor tua jadi selera Jepang dengan sebutan ‘Japs Style’. Yang berkembang bukan saja modif untuk motor lawas Jepang, tetapi juga diikuti oleh motor-motor lawas Amerika (HD) dan juga motor Eropa lainnya.

Sejarah Singkat Japs Style

Sebenarnya modif aliran Japs Style ini memang sudah cukup lama beredar, sejak tahun 1990-an aliran Japs Style sudah dikenal di Husibuya Tokyo Jepang dengan sebutan Braddty Style.

Dalam perkembangannya, Japs Style memiliki berbagai macam aliran, antara lain Braty Style, Street Tracker, Flat Tracker, Street Demon, Japaneesse South Carolina, dan juga Cafe’ Racer. Jadi, pada awalnya muda-mudi Jepang mencontek gaya builder Amerika yang dikenal dengan desain Socal (South California), disana mereka mengadopsi motor pabrikan negaranya sendiri.

Japs Style di Indonesia

Bagaimana sejarahnya aliran Japs Style sampai ke Indonesia? Dari beberapa literatur yang ada, konon modif ini dibawa oleh anak muda asal Bandung, yaitu Franky Morry Astorianto pemilik bengkel modifikasi motor ‘Yasashi Garage’. Yang tidak disangka adalah, Franky tidak pernah menyangka kalau hobi dari utak-atik motor yang dilakoninya kini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Dengan bendera usaha Yasashi Garage, ia bersama dengan 5 orang builder lainnya siap menyulap motor tua jadi macho.

Lagi-lagi Bandung memang segalanya bagi dunia bikers. Bandung sangat dikenal dengan ide-ide, maupun kreatifitas yang luar biasa, bahkan sangat liar dalam berkreasi. Punya gaya, maupun khas modifikasi dari berbagai belahan dunia, termasuk desain modif dari negeri Sakura Jepang ataupun negara lainnya.

HD SPORTSTER 1960

Pada photo di halaman blog ini adalah sosok motor lawas Harley Davidson Tahun 1960 jenis Sportster. Jelas motor lawas ini digarap dan dimodif dengan aliran Japs Style dengan filosofi minimalis dan eye catching. Hanya saja sang pemilik, Jason yang sempat ditemui di gedung Pacific Place, Jakarta hari Kamis 31/12/09 tak ingin berterus terang di mana ia melakukan modif motor lawas ini. “Yang pasti modifnya di Indonesia,” ujarnya dengan terburu-buru.

Kembali soal kepada nama Franky Morry Astorianto, builder spesialis aliran modif sport retro ala Jepang Yasashi Garage, yang bermarkas di Bandung rasanya memang perlu dijumpai dan diwawancarai lebih lanjut untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

PHOTO GALLERY

16 thoughts on “Trend Aliran JAPS STYLE Buat Motor Lawas

  1. sayang sekali modif motor tp tdk ada kelengkapan spt spion,lampu sein, dsb,

    • emangnya motor patroli harus lengkap dgn embel2nya…..ketaun elu orang motornya yg suka pake box (kaya tukang somay)……di boongin tokolu…..jadi pencipta dong bukan sebagai pengekor…….

  2. saya suka motornya pak, unik…

    tapi tidak safety untuk dipakai harian….
    :tkp

  3. mantap kustom kulture …. love it …

  4. gw suka bnget mtr trsbt…….

    walaupun sdkit mengindahkan unsr sfty nya

  5. …..
    motor nya cakep. sayang aq gak bisa mbonceng [hiks]

  6. Design ini lebih ke arah bobber bro…(Roda depan & blkang sama).Tapi Jap style nya emang ada…

  7. :ngacir2 :ngacir2 :ngacir2

  8. keren n bagus juga oke lah

  9. mantab :d tinggal komplitin aja bro

  10. ane suka nih gaya jap style ane pgn bangun rx king jap style bro

  11. info ban luar jap style..? thx

  12. info ban luar jap style..? thx

    MOTOR AING,,, KUMAHA AING….

Leave a Reply