Tips dan triks memilih ban motor yang tepat dan sesuai?

20150607_115753

Dalam hal memilih ban motor, sering kali konsumen bingung memilih merek dan ukuran. Padahal yang paling mudah kembali membeli ban sesuai dengan standard pabrik, merek maupun ukurannya. Tapi faktanya sering kali konsumen ingin menggunakan ban yang berbeda, lebih besar atau mencari sesuatu yang baru, bukan ban yang sama dengan ban lama. Kalau begitu apa tips dan triksnya?

1. Tentukan pilihan pada ban dengan permukaan telapak sedang

Dengan memilih ban untuk kebutuhan motor harian maka sebaiknya anda perlu untuk memilih ban motor yang memiliki jenis tapak menengah yakni ban yang memiliki lebar telapak kecil seperti yang digunakan oleh anak-anak muda pada umumnya. Dengan ban ukuran seperti ini motor anda akan semakin lincah dan menghemat bbm karena menufer motor akan semakin baik

2. Sesuaikan dengan kondisi jalanan yang akan anda lalui kering atau basah

Iklim di indonesia yang cenderung sering hujan maka menggunakan pilihan ban basah adalah hal yang tepat dengan begitu kendaraan akan semakin aman dan pada ban jenis seperti ini akan mampu kekuatan cengkram yang tinggi ketika hujan dan musim banjir di beberapa kota, namun jika jalanan harian anda termasuk lintasan kering pastikan untuk menggunakan ban kering saja.

20150607_115842

3. Tentukan motif seta ukiran ban yang tepat dan sesuai

Kenapa perlu memilih ban yang sesuai dengan motif, karena motif ban akan sangat berpengaruh pada jalanan yang akan anda lintasi. Semakin tepat anda memilih motif ban semakin bagus manufer motor anda dijalanan.

4. pilih ban yang berkualitas terbaik

Banyak sekali ban dengan kualitas terbaik dan tahan lama. Seperti merk fdr, irc, michelin, corsa, swallow, mizzle, dunlop, bridgestone, tubeless dan beberapa ban motor dengan kualitas hal ini agar kendaraan anda bisa lebhi baik dijalanan. Pilihlah brand merk ban ternama yang paling banyak digunakan dan terbukti kualitasnya sangat baik.

5. Sesuaikan ukuran ban dengan motor anda

Ukuran ban sebaiknya sesuai dengan kondisi motor anda. Untuk jenis motor yang diproduksi tahun 2009 kebawah sebaiknya menggunakan ban motor dengan ukuran 70/90 dan 80/90. Sedangkan untuk motor yang diproduksi diatas tahun 2010 sebaiknya menggunakan ukuran 70/90 dan 80/90. Sedangkan bagi pengguna motor matic sesuai standar sebaiknya menggunakan ban dengan ukuran 80/90 dan 90/90.

20150607_115905

6. Lihat dan perhatikan tahun pembuatan

Perhatikan kode produksi ban anda misalnya 1013. Arti kode tersebut adalah 10 merupakan minggu ke 10 pembuatan ban sedangkan 13 artinya tahun pembuatan ban tersebut. Sebaiknya carilah ban dengan tahun pembuatan antara 0 sampai 12 bulan, dan jangan lebih dari itu agar ban tetap berkualitas.

Nah, dari semua tips dan triks yang paling mudah adalah menanyakan kepada mereka yang sudah pernah pakai merek dan ukuran ban yang dimaksud. Bertanya kepada orang, biasanya orang tersebut akan menceritakan tentangpengalamannya terhadap ban yang pernah dipakai. Selain itu membaca artikel testimoni yang sering ditulis di internet.

Foto: Ban Merek Michelin terpasang di Yamaha Mio M125

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *