Bagaimana peluang pasar motor ROYAL ENFIELD di Indonesia?

IMG_3680

ROYAL ENFIELD merek sepeda motor asal Inggris dengan pabrik yang saat ini berada di India, menyatakan telah siap masuk ke pasar otomotif sepeda motor di Indonesia (baca artikel launching di GIIAS 2015). Kalau begitu bagaimana peluang pasar ROYAL ENDFIELD di Indonesia? 

Menariknya ROYAL ENFIELD (RE) akan memasarkan sepeda motornya dengan kapasitas mesin di kelas 350cc dan 500cc dengan berbagai varian model klasik, dan berbicara soal pasar yang akan digarap merek RE ini sebenarnya belum disentuh oleh merek-merek yang sudah lebih dulu beredar di Tanah Air.

Mari kita perhatikan beberapa merek sepeda motor yang sudah ada di Indonesia yang ada pada saat ini khususnya sepeda motor yang mengusung mesin mulai dari 250cc hingga 500cc.

Kalau tidak salah dikelas 250cc sudah sangat ramai dengan Kawasaki Ninja model sport, Kawasaki Estrella model cruiser, Suzuki Inazuma model sport turing, Honda CBR model sport, Benelli 250 model sport, Yamaha R25 model sport, Yamaha MT25 model sport naked bike, Yamaha WR25 model motorcross.

Namun setelah itu mulai dari 300cc hingga 500cc masih sepi kecuali dilever ini sudah ada Honda CB500F, Honda CB500X dengan model sport turing dan terakhir ada Harley-Davidson Street 500. Mungkin ada merek lain yang belum tertulis (cmiw).

Bagaimana dengan harga? Dikelas 250cc saat ini berkisar antara Rp. 45 juta s/d Rp. 65 juta. Sementara itu, Honda CB500F menawarkan harga jual senilai Rp. 125 juta dan Honda CB500X Rp. 135 juta. Setelah kelas 600 cc, kemudian ada Kawaski Versys 650, Honda CB650F, Honda CBR650F, dan Suzuki V-Strom 650 yang harganya sudah diatas Rp. 150 jutaan.

Bagaimana denga model? Sejauh ini untuk kelas 250cc keatas kebanyakan yang sudah beredar adalah model sport, sedangkan model klasik sebagaimana varian yang dimiliki merek RE sepertinya memang belum ada. Jika RE sudah resmi menjual seluruh variannya di Indonesia, maka pilihan bagi konsumen roda dua Indonesia akan semakin banyak dan beragam.

Kalau begitu bagaimana peluang pasar merek RE di Indonesia? Menurut SL.com peluangnya masih ada dan masih terbuka lebar. Pasalnya konsumen Indonesia memiliki roda dua bukan lagi untuk sekedar alat angkutan harian, namun khususnya di kelas 250cc keatas sudah menjadi bagian dari hobi, dan life-style. Harapannya RE bisa menjual dengan harga diantara Rp. 80 juta hingga Rp. 120 jutaan. Semoga.

Please follow and like us:

Leave a Reply