New Ford Focus Dengan Mesin Baru EcoBoost 1.5-liter

IMG_2872

New Ford Focus yang baru saja diperkenalkan di IIMS 2015 dan GIIAS 2015, tampak lebih sporty, lebih berkelas, lebih dinamis dan dikemas dengan teknologi mutakhir. Kehadiran New Ford Focus menandai sebuah evolusi dari nameplate Focus, dan memperkenalkan tingkatan baru dari kesempurnaan dan kenikmatan berkendara untuk pelanggan di Asia Pasifik.

Desainnya yang berkilau dan modern menunjukkan pembaharuan yang membuat salah satu mobil compact paling populer di dunia ini menjadi lebih baik lagi – termasuk teknologidriver assistance baru dan telah ditingkatkan, yang dapat menghilangkan kerepotan saat melakukan parkir paralel dan parkir seri (perpendicular).

Focus juga lebih ekonomis dari sebelumnya – semua dengan tetap menjaga DNA fun-to-drive Ford yang telah membantu menjadikan Focus begitu populer di dunia. Untuk menambah keyakinan saat berkendara, new Focus juga menampilkan fitur Enhanced Transitional Stability, sebuah teknologi pertama di industri yang dapat memprediksi jika ada kemungkinan mobil tergelincir, dan mengambil langkah cepat untuk secara potensial mencegah kehilangan kendali.

“New Ford Focus diciptakan dengan menempatkan pelanggan kami sebagai pusat dari proses pengembangannya,” kata Mark Rampling, Chief Program Engineer, Asia Pasifik, Ford Focus.

“Sejak pertama kali Focus dijual, kami telah mendengarkan apa yang dibutuhkan, diinginkan, dan dihargai pelanggan kami dari kendaraan mereka. New Focus merupakan kendaraan yang lebih canggih yang memenuhi dan melampaui harapan masyarakat dari sebuah mobil compact.” tambahnya.

Desain canggih

Desain eksterior baru Focus yang bergaya menampilkan wajah baru Ford yang gagah dengan tingkat kecanggihan baru. Kuda-kuda lebih rendah dan lebih lebar yang menekankan luas, dan kap baru yang secara elegan menyapu ke grille trapezoidal yang khas, memberikan kesan lebih berani, dan kehadiran lebih sporty di jalan.

Lampu depan yang terpahat ramping menghubungkan front end yang agresif dengan garis jelas yang mengalir ke sisinya, naik hingga ke jendela belakang. Lampu kabut yang lebih persegi dan memanjang melengkapi bagian front end yang lebih berani. Bagian belakang mobil memiliki fascia mengkilap dan pengaturan tailgate baru, juga lampu belakang yang lebih tipis, dan pahatan spoiler belakang untuk meningkatkan aerodinamika.

Eksterior atletis dan anggun dilengkapi dengan interior baru yang modern. Desainer Ford menaruh perhatian khusus pada umpan balik pelanggan atas Focus generasi saat ini, yang meminta interior lebih ringkas dan lebih intuitif dengan lebih sedikit tombol. Panel instrumen yang direvisi dan tombol-tombol yang diatur ulang menghasilkan desain interior yang bersih dan matang yang memungkinkan pengemudi untuk mengendalikan fitur kendaraan dengan mudah.

“Tim desain kami bekerja untuk menciptakan desain yang lebih emosional dengan tampilan lebih atletis, sporty, dan anggun,” kata Andrew Collinson, Exterior Design Manager, Ford Asia Pasifik.

“Pada interior, pelanggan mengatakan kepada kami bahwa mereka ingin desain kabin yang lebih ringkas, dengan lebih sedikit tombol – tapi tanpa menghilangkan fungsinya,’ jelas Collinson.

Interior yang diringkas menawarkan lebih banyak ruang dengan berbagai macam pilihan tempat penyimpanan serbaguna baru untuk sebuah pengalaman berkendara yang lebih nyaman. Sebuah konsol yang dapat diatur sangat cocok untuk menyimpan berbagai macam botol dan gelas, dan dapat secara bersamaan menampung sebuah botol air 1 liter dan sebuah gelas 400 mL.

New Focus juga menawarkan tingkat kesenyapan kabin yang mengesankan, dengan material kedap suara – termasuk kaca depan peredam suara, kaca jendela samping dan karpet yang lebih tebal, penambahan insulasi pada pinggiran pintu, serta peningkatan sekat mesin – untuk kesempurnaan yang lebih baik.

Konektivitas canggih dan teknologi driver assist

Focus menampilkan sejumlah teknologi canggih untuk membantu pengemudi tetap terhubung dan selalu dalam kendali.

Mengacu pada kebutuhan pengemudi modern untuk tetap terhubung setiap saat, new Focus dilengkapi dengan sistem konektivitas canggih Ford, SYNC 2, yang menawarkan cara yang lebih pintar dan lebih aman untuk tetap terhubung.

Pengemudi dapat mengoperasikan kendali suhu, sistem hiburan, dan menghubungkan smartphone dengan perintah suara alami. Layar sentuh 8-inci resolusi tinggi yang diletakkan di tengah memberikan kendali lebih di ujung jari pengemudi, dengan pojok berkode warna untuk menu navigasi yang mudah.

New Focus tersedia dengan Enhanced Active Park Assist, yang dibangun atas dasar fitur Parallel Park Assist ternama Ford dengan tambahan Perpendicular Park Assist. Setelah diaktifkan, sistem akan mencari ruang parkir yang tersedia di antara mobil-mobil lain. Ketika menemukan lahan parkir, sistem ini akan mengambil kendali kemudi mobil untuk membimbing kendaraan masuk ke ruang parkir tersebut sementara pengemudi hanya perlu mengendalikan pergantian persneling, rem dan gas.

Perpendicular Park Assist menggunakan dua sensor ultrasonik baru di belakang mobil, yang juga memungkingkan Park-Out Assist. Park-Out Assist menghilangkan stress saat keluar dari ruang parkir paralel dengan mengambil kendali kemudi saat pengemudi hanya perlu mengoperasikan rem dan gas. Saat mundur dari ruang parkir seri (perpendicular),Cross Traffic Alert menggunakan tiga peringatan yang berbeda untuk memperingatkan pengendara jika sistem mendeteksi sebuah kendaraan mendekat baik dari sisi kiri atau kanan, hingga jarak 40 meter.

Di jalan, Lane Keeping System, dengan fitur Lane Keeping Aid dan Lane Keeping Alert, bekerja untuk membantu mencegah pengemudi keluar dari jalur secara tidak sengaja saat berkendara pada kecepatan tinggi. Jika kamera hadap depan mendeteksi perpindahan jalur secara tidak disengaja, Lane Keeping Aid akan mengaplikasikan torsi kemudi untuk secara mulus mengarahkan kendaraan kembali ke jalur, dan Lane Keeping Alert akan memberikan peringatan kepada pengemudi dengan menyalurkan getaran pada roda kemudi.

Focus membantu pengemudi untuk tetap waspada akan situasi sekelilingnya dengan Blind Spot Information System (BLIS) yang telah ditingkatkan. Menggunakan teknologi radar, BLIS memperingatkan pengemudi jika ada pengendara lain berada di area blindspot pengemudi dengan memberikan cahaya peringatan LED di kaca spion luar.

Membantu untuk meringankan kelelahan dari perjalanan tol yang panjang, Adaptive Cruise Control menggunakan sebuah sensor radar untuk membantu pengemudi mempertahankan jarak yang telah ditentukan dengan kendaraan di depan. Jika sistem mendeteksi lalu lintas di depan melambat, secara otomatis fitur ini akan mengurangi kecepatan kendaraan untuk menjaga jarak aman. Sistem kemudian akan mempercepat laju kendaraan sesuai dengan angka kecepatan yang diinginkan pengemudi setelah jalanan di depan kembali lancar.

Forward Alert dengan Collision Mitigation memberikan ketenangan saat di jalan tol. Jika sistem mendeteksi resiko tabrakan dengan kendaraan di depan, sistem akan menunjukkan peringatan pada kluster instrumen dan menyuarakan dering peringatan. Sistem juga akan menyiapkan pengereman dan mulai memperlambat kendaraan begitu pengemudi mengangkat kaki dari pedal gas. Sistem ini membantu untuk memastikan kinerja pengereman optimal saat pengemudi mengaplikasikan pengereman.

Dalam berkendara di perkotaan dengan kecepatan hingga 50 km/jam, sistem Active City Stop ditingkatkan selangkah lebih jauh, dan dapat membantu mengurangi kemungkinan tabrakan dalam kecepatan rendah.

Menggunakan sensor yang dipasang di kaca depan untuk mendeteksi pengereman, pelambatan gerakan maupun kendaraan yang berhenti di depan, sistem akan menyiapkan pengereman jika mobil mendekati kendaraan di depan dengan terlalu cepat. Jika pengemudi gagal melakukan tindakan, sistem akan mengurangi torsi mesin dan secara otomatis mengaplikasikan rem untuk mengurangi dampak kecelakaan.

New Focus bahkan memungkinkan pemilik untuk mendukung keselamatan berkendara saat mereka tidak berada di balik kemudi dengan Ford MyKey. Pemilik dapat memprogram kunci cadangan untuk mengurangi kecepatan maksimum kendaraan, memberikan peringatan lebih awal terhadap rendahnya bahan bakar, membatasi volume suara hiburan di dalam mobil atau bahkan menonaktifkannya secara menyeluruh jika sabuk pengaman tidak dikenakan. Teknologi ini dapat memberikan keyakinan kepada pemilik saat hendak meminjamkan mobil mereka ke pengemudi yang kurang berpengalaman.

“Hanya beberapa tahun yang lalu, banyak teknologi new Focus yang hanya tersedia di mobil-mobil mewah paling mahal,” kata Rampling.

“Dengan new Focus, kami membuat fitur-fitur ini dapat diakses oleh lebih banyak orang. Lebih banyak konsumen di Asia Pasifik akan mendapatkan kesempatan untuk merasakan keunggulan dalam penggunaan dan ketenangan batin yang diberikan teknologi terjangkau ini. Tapi kami juga telah memastikan bahwa semua fitur ini mudah untuk digunakan, dan tidak mengganggu sifat fun-to-driveyang sangat penting bagi Focus.” bebernya.

Efisien, bertenaga dan fun-to-drive

Di Asia Pasifik, new Focus dilengkapi dengan mesin EcoBoost 1.5-liter empat-silinder yang bertenaga dan efisien. Mesin 1.5-liter baru menghasilkan tenaga hingga 180 PS dan torsi 240 Nm – lebih dari yang biasa ditawarkan oleh mesin 2.0-liter konvensional – sementara juga memberikan efisiensi bahan bakar hingga 6 persen lebih baik, dan menghasilkan emisi yang lebih rendah.

Mesin ini menggunakan teknologi inti EcoBoost seperti turbocharging, direct fuel-injection tekanan tinggi dan Twin-independent Variable Cam Timing untuk memastikan performa optimal. Blok mesin aluminium baru membantu untuk mengurangi beban, yang meningkatkan performa dan efisiensi.

Focus juga menampilkan teknologi yang diperkenalkan di mesin Ford EcoBoost 1.0-liter tiga-silinder pemenang banyak penghargaan. Sebuah desain kepala silinder baru dengancooling yang ditingkatkan dan sebuah integrated exhaust manifold meningkatkan efisiensi dengan mengantarkan masukan udara yang lebih efisien ke mesin dan membantunya untuk beroperasi di suhu optimal.

Dengan meminimalisir jarak perjalanan gas buang dari silinder ke turbocharger, integrated manifold juga mengurangi turbo lag untuk mengantarkan torsi yang pesat. Sebuah sistem kendali mesin yang diprogram ulang membantu untuk memastikan kehalusan, kesenyapan, dan performa mesin tingkat tinggi.

Mesin EcoBoost 1.5-liter dipasangkan dengan transmisi otomatis enam percepatan baru yang modern, ringan, dan efisien, menyampaikan kesempurnaan bersama dengan performa dan ekonomi bahan bakar. Paddle shift control memungkinkan pengemudi untuk mengganti gigi tanpa harus mengangkat tangan mereka dari roda kemudi untuk kesan performa yang lebih ditingkatkan.

Dalam perjalanan, new Focus membawa dinamika berkendara terdepan di kelasnya dan DNA fun-to-drive­ nameplate ini ke tingkat baru dengan handling yang disempurnakan. Teknisi Ford secara hati-hati mengatur suspensi dan peredam kejut untuk menciptakan kendaraan yang lebih solid dan responsif yang terasa mantap terhubung dengan jalan.

Untuk keyakinan pengemudi yang lebih besar, sistem Enhanced Transitional Stability pertama di industri milik Ford memonitor kecepatan kendaraan dan input kemudi pengendara untuk memprediksi hilangnya cengkeraman sebelum benar-benar terjadi. Jika potensi hilangnya cengkeraman terdeteksi, sistem akan mengaktifkan Electronic Stability Program pada kendaraan untuk mengurangi torsi mesin dan mengaplikasikan pengereman ban individual untuk membantu menjaga kendaraan tetap di jalur.

Sistem Electric Power Assisted Steering (EPAS) yang lebih disempurnakan lebih jauh meningkatkan pengalaman berkendara dengan kemudi yang lebih tepat dan usaha lebih sedikit, sementara mengurangi damping yang tidak diinginkan dan menyediakan feedback mengesankan untuk pengemudi.

“New Focus melestarikan kekuatan dari pendahulunya sementara berevolusi di hampir semua aspek – desain, teknologi pintar, dinamika berkendara, powertrain dan penyempurnaan,” kata Rampling.

“Kami yakin konsumen di Asia Pasifik akan mencintai new Focus, dan kami berharap Focus dapat memainkan peran penting di saat kami terus mengembangkan bisnis kami di wilayah ini.” imbuhnya.

New Ford Focus diproduksi di fasilitas Ford Thailand Manufacturing di Rayong, Thailand.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *