Lebih dari 1500 SPBU di Tanah Air menjual PERTAMINA DEX

311552_10151021906742530_996095881_n

Sejak lima belas tahun lalu era “dieselisasi” dimulai di benua Eropa, di mana permintaan mesin diesel terus tumbuh sementara permintaan mesin bensin menurun. Sementara di kawasan-kawasan lain penjualan mesin diesel semakin menjamur.

Mengapa hal itu terjadi di Eropa dan kawasan-kawasan lain? Berdasarkan sejumlah penelitian mesin diesel punya 4 keunggulan jika dibandingkan dengan mesin bensin.

Keunggulan pertama adalah mesin diesel lebih awet atau tahan lama. Keunggulan kedua, mesin diesel lebih bertenaga, performanya akan lebih terasa ketika melintasi medan offroad.

Dua keunggulan lain dari mesin diesel adalah lebih hemat bahan bakar dan lebih rendah emisi, serta lebih fleksibel dan mudah dioperasikan.

Di Indonesia sendiri pemakaian kendaraan bermesin diesel terus meningkat seiring terbantahkannya beberapa mitos mengenai mesin diesel, seperti yang dihimpun oleh Pertamina.

Pertama, dahulu masyarakat beranggapan sangat susah mencari SPBU yang menjual solar berkualitas, kini tidak lagi karena kita bisa dengan sangat mudah menemukan SPBU solar berkualitas di Indonesia. SPBU Pertamina yang menjual PERTAMINA DEX sudah tersebar lebih dari 1500 SPBU di seluruh Indonesia. Sehingga masyarakat sudah sangat mudah mendapatkan PERTAMINA DEX.

Kedua, banyak orang mengatakan mesin diesel kurang berotot dibandingkan mesin bensin, namun buktinya dengan teknologi turbo terkini mesin diesel jauh lebih bertenaga daripada mesin bensin.

Ketiga, di masa lalu kita sering melihat kendaraan-kendaraan bermesin diesel mengeluarkan asap hitam. Hal tersebut membuat kita berpikir mesin diesel selalu mengepulkan asap berlebihan dan mengeluarkan emisi lebih jahat. Faktanya tidak demikian, penggunaan solar berkualitas tinggi dengan kadar sulfur rendah membuat asap tidak terlihat lagi dan kandungan gas buangnya tidak berbahaya bagi lingkungan.

Anggapan mesin diesel lebih boros pun terbantahkan karena dengan cetane tinggi dan torsi lebih besar (dibandingkan mesin bensin) berdampak kepada konsumsi BBM lebih irit.

Terakhir, di masa lalu mesin-mesin diesel lebih berisik dibandingkan mesin bensin. Hingga kini masih banyak orang menilai seperti itu, namun sebenarnya mesin diesel modern telah jauh lebih senyap.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *