Review New Ford Everest dari ajang test drive di Chiang Rai

NewEverest_022

Kamis, 30 Juli 2015 lalu, SL.com mengikuti undangan PT Ford Motor Indonesia ke Chiang Rai Thailand dalam rangka test drive mobil terbaru New Everest. Mobil ini masuk kategori SUV (sport ultiliity vehicle) berkapasitas 7 penumpang dengan tampilan bodi yang tegas, desain berani, serta memukau sebagai mobil lelaki sejati. Nah, bagaimana ulasan SL.com tentang New Everest setelah menempuh perjalanan 140.5 Km dengan medan bervariasi on-road dan off-road?

Yang pasti New Everest ini merupakan generasi terbaru dari Everest, secara total sudah berubah dari generasi pendahulunya, baik platform, bodi, frame, interior, desain, maupun mesinnya. Perlu ditegaskan bahwa New Everest ini sama sekali tidak menggunakan mesin dan platform daouble cabin Ranger. Jadi, New Ford Everest ini adalah model baru, baik paltform, desain dan mesinnya.

Menurut Trevor Worthington, Vice President, Product Development, Ford Asia Pasifik  SUV New Everest dibangun atas kekuatan dari generasi sebelumnya dengan masukan-masukan yang diterima dari konsumen setianya.

“Untuk itu, New Everest kami sediakan dalam dua varian, yakni rear-wheel drive (4×2) dan four-wheel drive (4×4) dimana kendaraan ini akan memperluas produk line-up SUV Ford,” kata Trevor dalam kata sambutannya.

Sebelum acara test drive dimulai, SL.com melihat sosok New Everest di halaman rumput Le Meredien Resort Chiang Rai. Bodi mobil ini memberikan kesan kokoh, yang mampu mencerminkan ketangguhan yang sangat memukau. Desainnya tidak ribet tapi berkesan premium yang sangat cocok dipakai buat aktifitas harian ataupun dipakai berlibur keluar kota. Singkat kata bodinya memang keren.

Sesi Ke-1: On Road Tracks

Ketika acara test drive berlangsung, SL.com pertama kali merasakan New Everest tipe 4.x 2 bermesin 2.2L Duratoq four-cylinder TDCi diesel engine. Ford New Everest mesin 2.2L ini mampu menyemburkan tenaga 118 kW dengan torsi maksimum 385 Nm. Pada sesi pertama SL.com duduk disamping pengemudi, sementara kemudi dipegang oleh rekan media bernama Benny Averdi, Managing Editor Car Review Magazine, BLM Group.

20150730_090453

Ford New Everest tipe 4.x 2 rmesin 2.2L Duratoq four-cylinder TDCi diesel engine

Keluar dari halaman parkir hotel, New Ford Everest dipacu dan digeber mengikuti irama kecepatan konvoi. Selang beberapa menit, SL.com dan Benny pun sepakat mengatakan bahwa suara mesinnya halus, juga suara diruangan kabinnya sangat senyap sehingga alunan musik didalam kabin sangat nikmat untuk menemani perjalanan kami menyusuri jalan mulus di wilayah utara Thailand.

“Suara mesin dieselnya sama sekali tidak terdengar, juga getaran mesin dieselnya sama sekali tidak terasa, jadi naik mobil New Everest ini seperti naik sedan mewah karena memang nyaman sekali,” ujar SL.dom yang juga diiyakan oleh Benny yang sedang mengemudikan New Everest di jalan highway dengan kecepatan tinggi.

Kenyamanan bukan saja karena mesin dieselnya yang halus, tetapi juga New Everest ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur pintar, yang membuat penumpangnya semakin betah berkendara. SL.com bisa sebut New Everest ini menawarkan sebuah SUV yang benar-benar komplit, sebagai mobil serba guna dengan perpaduan antara kenyamanan dan kesempurnaan. Tak heran Ford mewujudkan New Everest dengan DNA fun-to-drive Ford karena memiliki handling yang dinamis dan memuaskan.

Selain itu, New Everet ini juga sudah dilengkapi dengan sistim audio dan konektivitas standard Ford, yaitu SYNC 2 yang memungkinkan sang pengemudi menggunakan perintah suara natural untuk mengontrol sistem hiburan mobil, kontrol iklim dan menghubungkan peranti mobile secara lebih mudah.

SYNC 2 juga menampilkan layar sentuh 8 inci dengan sudut berkode warna untuk memudahkan navigasi menu. Sistem hiburan menampilkan 10-speaker sound system dengan subwoofer terintegrasi yang pertama di kelasnya, menyediakan reproduksi suara akurat dan tepat serta bass yang dalam dan kaya.

Setelah menempuh jarak 30 Km lebih, rombongan konvoi yang terdiri 15 unit New Everest mengakhiri sesi pertama. Pada sesi ke-dua pengemudi saling bergantian dan giliran SL.com yang pegang kemudi dengan mobil New Everest yang sama, yaitu 2.2.L (4 x 2) warna abu-abu (grey).

Sesi Ke-2: Semi Off Road Tracks

Pada sesi ke-dua ini, kondisi jalan yang ditempuh tidak sebagus dari pada kondisi jalan sesi pertama. Bisa dibilang jalan semi off-road. Medannya pun sudah memasuki jalan kecil dan sesekali menjumpai semak-semak dipinggir jalan.

NewEverest_010

“Nah, kondisi jalan semi off-road ini pas banget dengan dengan Indonesia, banyak yang rusak, belum mulus, banyak jalanan ompong, berlubang,” guyon SL.com kepada rekan Benny, dan kami pun berdua tertawa sementara mobil sedang dipacu dalam kecepatan tinggi tetapi nyaris tak terasa kalau pada saat itu sedang berada di jalan rusak.

Pada rute bervariasi sejauh 22 Km ini, setidaknya 2 kali SL.com melakukan pengereman mendadak di jalan berpasir. Hasilnya sangat memuaskan, karena mobil tetap stabil, tidak meluncur atau slip. Fitur Roll Stability Control (RSC) dan Electronic Stability Control (ESC) berfungsi untuk menstabilkan kendaraan memang telah terbukti dan berfungsi dengan baik.

Sesi ke-3: Off Road Tracks

Usai rehat makan siang di Canary Natural Resort, ajang test drive New Everest kembali dilanjutkan lagi. Pada sesi ke-tiga ini medan yang ditempuh adalah off road, dan unit yang digunakan adalah tipe New Everest 4 x 4 yang mengusung mesin 3.2L Duratoq five-cylinder TDCi disel engine.

Pada sesi off road ini, setiap mobil New Everest 3.2L menggunakan transmisi AT diisi dengan 3 orang peserta awak media, dimana pengemudinya saling bergantian mencicipi medan yang sarat dengan jalan tanah liat, jalan berlumpur, jalan menanjak/turun yang curam, serta melintasi 4 sungai dengan ketinggian air sekitar 50 – 80 cm.

NewEverest_008

Ford New Everest 4 x 4 mesin 3.2L Duratoq five-cylinder TDCi disel engine

Disini SL.com mendapat kesempatan pertama mengemudikan New Ford Everest lebih awal dengan medan berat off road sebagai sudah disebut diatas. Sangat terasa bagaimana kemampuan mengesankan New Ford Everest dengan mesin diesel dari keluarga Duratorq Ford yang sudah terbukti secara global.

Transmisi enam-percepatan otomatis-nya benar-benar sangat nyaman, ibaratnya bisa dibilang nenek-nenek pun pasti bisa bawa mobil tangguh ini. Tenaga dan torsi maksimum dari mesin diesel 3.2-liter Duratorq TDCi lima-silinder dengan tenaga 147 kW dan torsi 470 Nm ini mampu melibas semua medan berat dengan mudah.

Melintas medan off-road sejauh  24 Km, semua fitur unggulan yang dimiliki New Everest berhasil diuji coba secara langsung yaitu, Confident Handling, Terrain Management System (TMS), Torques on Deman via Active Case, Electronic Locking Resr Differential, Hill Descent Contral, dan Water Wading & Ground Clearance.

Menurut SL.com, New Ford Everest bisa menjadi salah satu SUV tertangguh di segmennya karena memiliki desain body-on-frame sejati, sistem four-wheel drive cerdas, transfer case aktif dengan Torque on Demand, Terrain Management System, serta kemampuan mengarungi air setinggi 800 mm terbaik di kelasnya. Memiliki ground clearance 225 mm, dan sudut approach dan departure yang agresif.

Fitur Terrain Management System (TMS) dengan tombol sederhana (simple) benar-benar sangat canggih, karena mampu memberikan sang pengemudi pilihan dengan empat mode preset, yaitu Normal, Snow/Mud/Grass, Sand dan Rock. Dengan fitur TMS ini, cara kerja mesin akan mengubah respon katup, transmisi, sistem four-wheel drive dan kontrol traksi untuk membantu pengemudi melewati segala medan dengan mudah.

Bahkan untuk jalan off-road yang ekstrim, sang pengemudi dapat juga secara manual mengunci transfer case di mode rentang rendah four-wheel drive untuk meningkatkan kontrol. Dari pengalaman perjalanan off-road yang mengesankan ini setidaknya membuktikan bahwa New Everest memiliki coil spring depan, dan suspensi belakang, dan Watt’s linkage diporos belakang.

NewEverest_006

Baan Pang Klang Village Hill Tribes Chiang Rai Northern Thailand

“New Ford Everest benar-benar sangat membantu pengemudi saat melewati medan yang sulit dengan mudah. Mobil ini mampu menawarkan kemampuan “serba-guna” untuk semua kondisi jalan, apakah on-road atau off-road,” ujar SL.com yang disetujui oleh kedua rekan yang ikut bersama di dalam mobil.

Menutup test-drive New Everest di sesi off-road tracks ini, rombongan awak media dari Indonesia diajak mampir ke perkampungan adat yang disebut dengan nama Baan Pang Klang Village Hill Tribes Chiang Rai Northern Thailand. Selesai istrahat dan foto bersama, akhirnya rombongan meninggalkan lokasi medan off-road menuju Canary Natural Resort untuk kembali bertukar kendaraan sekaligus memasuki sesi terakhir.

Sesi Ke-4: On Road Tracks

Perjalanan terakhir sesi ke-4 dilanjutkan, dan kali ini adalah perjalanan pulang ke Le Meridien Chiang Rai Resort melewati jalan besar. SL.com kembali berpasangan dengan rekan Benny Averdi dan pada perjalanan pulang ini, kami mendapat jatah mobil 3.2L 4 x 4 yang menempuh perjalanan on-road yaitu jalan aspal mulus. Saat itu kemudi dipegang oleh Benny hingga tiba di garis finish.

Bagaimana rasanya naik New Everest 3.2L 4 x 4 di jalan raya?

Wow.. lagi-lagi sangat asyik dan nyaman. “Mobil ini memang serba guna, baik untuk jalan antara kota (highway), jalan dalam kota, jalan desa, maupun, jalan tanah, semuanya tetap nyaman dikendarai. Bahkan jalan ekstrim menyeberangi sungai kecil, mendaki bukit, melewati lumpur licin, atau mendaki di atas bebatuan, semuanya dapat dilewati dengan mudah,” kata SL.com yang mendapat persetujuan dari Benny.

Bukan saja kemampuan mesin-nya yang serba bisa, tapi juga fungsinya juga bisa menjadi serba-guna. Sebagai bukti, pengaturan bangku dibaris kedua dan ketiga secara mudah dapat dilipat hingga menjadi datar. Hal ini sangat fleksibel untuk memuat barang bawaan apa saja dan menjadikan New Ford Everest dapat menampung muatan hingga kapasitas 2.000 liter lebih.

Tadi sudah disebut kabinnya sangat senyap, dan untuk memastikan kesenyapan kabin yang luar biasa ini, Ford melengkapi New Everest dengan Active Noise Cancellation sebagai tambahan untuk mengoptimalkan penyekatan kabin dan menggunakan material penyerap suara di seluruh kendaraan yang sangat rendah tingkat noise, vibration dan hashness (NVH).

New Everest juga sudah mengadopsi running LED daytime sehingga memberikan kesan yang kuat di jalanan. Lampu belakang juga dilengkapi dengan LED sehingga penampilannya sangat efisien, bahkan lebih aerodinamis.

NewEverest_016Oh ya, dari pengamatan SL.com khususnya tipe 3.2L 4 x 4 New Everest Titanium, tampil lebih mewah dari segi interior dimana panel dashbordnya tampak ada jahitan yang berkesan hand-made. Model ini juga memiliki dual-panel moon roof (sun roof) yang sangat mudah dibuka dan ditutup. Pada jok belakang, dibangku baris kedua dilengkapi dengan stop-kontak lubang tiga bertenaga 230 Volt 150 Watt, artinya stop kontak ini bisa berfungsi banyak.

Teknologi lain yang juga dirasakan SL.com selama duduk di New Everest adalah Curve Control, yang dirancang untuk membantu pengemudi mempertahankan kontrol ketika mendekati tikungan dengan kecepatan tinggi.

Fitur Blind Spot Information System (BLIS) dengan Cross Traffic Alert, juga berfungsi dengna baik. Fitur ini mampu memberikan sinyal atau informasi kepada pengemudi ketika ada kendaraan di area blind spot saat mengemudi atau ketika bersiap untuk mundur keluar dari tempat parkir.

Bagusnya fitur Active Park Assist juga tersedia yang memungkinkan sang pengemudi bisa melakukan parkir paralel hands-free, dimana pengemudi hanya dituntut untuk menginjak gas, memindahkan persneling dan mengendalikan pengereman.

Sebagai tambahan dari sistem keselamatan aktif canggih, kerangka penumpang yang kuat dibangun dengan menggunakan material berkekuatan tinggi seperti baja boron, dan fitur keselamatan pasif, termasuk hingga tujuh airbag, membantu untuk menjaga penumpang tetap aman saat terjadi tabrakan.

Wah.. rasanya sudah tak sabar lagi menunggu sosok New Ford Everest di Indonesia. Yang pasti di ajang pameran otomotif pada bulan Agustus 2015 ini, PT Ford Motor Indonesia akan merilis tiga unit mobil baru, yaitu New Everest, New Ranger, dan Focus EcoBoost. Bagaimana harganya? Tunggu saja pada hari peluncurannya.

VIDEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *