All-New Ford GT Siap ke Ajang Balap Le Mans 2016

All-New Ford GT Siap ke Ajang Balap Le Mans 2016

All-New Ford GT Siap ke Ajang Balap Le Mans 2016

Ford mengumumkan kembalinya di salah satu ajang balap mobil paling bergengsi di dunia dengan mobil balap All-New Ford GT. Menariknya mobil all-new ultra-high-performance versi jalan raya rencananya juga akan dijual tahun depan.

Mobil balap Ford GT akan bersaing di 24 Hours of Le Mans – disebut oleh banyak orang sebagai Grand Prix of Endurance and Efficiency (Ketahanan dan Efisiensi) – mulai tahun depan. Diungkapkan di sirkuit ternama di Le Mans, Perancis, Ford GT akan bersaing di Le Mans GT Endurance class (kelas ketahanan) untuk tim dan pengemudi professional (LM GTE Pro).

Mobil balap baru ini – merupakan bukti lebih jauh dari inovasi Ford – didasarkan pada all-new Ford GT supercar yang diungkap pada bulan Januari. Baik mobil produksi dan mobil balap akan hadir pada tahun 2016 untuk menandai peringatan ke-50 dari kemenangan mobil balap Ford GT yang menempati posisi 1-2-3 pada tahun 1966 di ajang 24 Hours of Le Mans. Ford kemudian mengulang kemenangannya di Le Mans pada tahun 1967, 1968, dan 1969.

“Ketika GT40 berkompetisi di Le Mans pada tahun 1960, Henry Ford II berusaha untuk membuktikan bahwa Ford bisa mengalahkan produsen paling legendaris dari balap ketahanan,” kata Bill Ford, executive chairman, Ford Motor Company. “Kami masih sangat bangga telah memenangkan balap ikonik ini selama empat tahun berturut-turut, dan semangat yang sama di balik inovasi Ford GT pertama itu masih mendorong kami hingga hari ini.”

Mobil balap new Ford GT akan mengikuti jadwal penuh tahun 2016 dari FIA World Endurance Championship dan TUDOR United SportsCar Championship, dimana debut kompetisi akan dilakukan Januari 2016 di Rolex 24 At Daytona, Florida. Kedua tim Ford akan dioperasikan oleh Chip Ganassi Racing with Felix Sabates (CGRFS). Kedua tim seri berniat untuk bersaing dengan empat mobil di Le Mans. Pebalap akan diumumkan kemudian.

All-new Ford GT merupakan produk puncak dari grup Ford Performance baru, sebuah divisi yang didekasikan untuk menyediakan inovasi melalui performa.

Disiapkan untuk menghasilkan lebih dari 12 kendaraan performa baru hingga tahun 2020, Ford Performance akan memanfaatkan upaya dan keahlian balapnya untuk mempercepat inovasi pada model performa dan suku cadang performa tersebut agar lebih cepat fasih teknologi terbaru yang pada akhirnya dapat diterapkan di keseluruhan lineup kendaraan Ford.

Segmen performa adalah bisnis yang sedang berkembang untuk Ford, karena perusahaan mengenali harapan pelanggannya untuk kendaraan yang menawarkan ekonomi bahan bakar ekonomis, teknologi terdepan, dan pengalaman berkendara yang luar biasa. Lineup Ford Performance di antaranya Ford GT, Focus RS, F-150 Raptor, Shelby GT350 dan Shelby GT350R, Focus ST dan Fiesta ST.

“Ford tetap fokus dengan tiga prioritas global – mempercepat rencana One Ford kami, memberikan keunggulan produk dengan semangat dan mendorong inovasi di setiap bagian bisnis kami,” kata Mark Fields, president dan CEO Ford Motor Company. “Ketiganya secara bersamaan menciptakan new Ford GT. Kami juga mengetahui dari kekayaan sejarah kami dalam motorsport bahwa kejuaraan kelas dunia adalah inkubator yang sangat bagus untuk inovasi produk yang lebih jauh lagi.”

Mobil balap Ford GT menampilkan sejumlah inovasi yang Ford percaya tidak hanya akan membuatnya kompetitif di LM GTE Pro, tapi pada akhirnya diposisikan untuk memberikan manfaat bagi setiap kendaraan di lineup Ford. Hal ini termasuk aerodinamika state-of the-art guna memberikan tingkat downforce yang luar biasa untuk meningkatkan stabilitas dengan drag minimal, komposit ringan canggih menampilkan serat karbon untuk chassis yang sangat kaku namun ringan, dan daya serta efisiensi teknologi EcoBoost.

“Saat kami mengembangkan Ford GT, sejak awal, kami ingin memastikan kami menciptakan mobil yang memiliki apa yang diperlukan untuk mengembalikan Ford ke dunia balap GT,” kata Raj Nair, group vice president, Global Product Development dan chief technical officer Ford Motor Company. “Kami percaya kecanggihan Ford GT dalam aerodinamika, bobot ringan dan tenaga EcoBoost akan menjadikan sebuah mobil balap yang memukau yang dapat sekali lagi bersaing di panggung global.”

Bergabung juga bersama Ford di proyek ini adalah Multimatic Motorsports, Roush Yates Engines, Castrol, Michelin, Forza Motorsport, Sparco, Brembo dan CGRFS. Mobil balap ini telah melalui desain dan uji ekstensif di dalam Ford dan Multimatic, dengan CGRFS memberikan masukan untuk pengembangan. Roush Yates mendukung pengembangan EcoBoost V6 3.5-liter – mesin produksi EcoBoost paling bertenaga yang pernah ada.

Mesin EcoBoost V6 3.5-liter memulai debutnya di TUDOR United SportsCar Championship pada tahun 2014. Sejak itu, Ford, bersama CGRFS, mendapatkan kemenangan keseluruhan yang signifikan di 12 Hours of Sebring dan Rolex 24 At Daytona. Selain sukses besar di mobil sport, tim balap Ganassi meraih kemenangan-kemenangan besar di Daytona 500, Brickyard 400, dan Indianapolis 500.

“Kami telah memenangkan banyak balapan dan kejuaraan, tapi kami tidak pernah bertanding di Le Mans,” kata pemilik tim Chip Ganassi. “Ketika diberikan kesempatan untuk bersaing dengan all-new Ford GT di panggung mobil sport terbesar di dunia, dan bertepatan dengan perayaan ke-50 dari salah satu kemenangan yang paling banyak diceritakan dalam sejarah balap, bagaimana mungkin ada tim balap yang tidak ingin menjadi bagian dari itu? Apakah akan menjadi tantangan? Pasti, tapi kami tidak bisa mendapatkan mitra yang lebih baik dari Ford.”

Please follow and like us:

Leave a Reply