7 Lady Biker Indonesia siap touring Banten – Lombok angkat Budaya Indonesia

IMG_0039

 

Dalam rangka meramaikan ajang “The First Indonesian Women Biker” pada 15-16 Mei di Lombok, Nusa Tenggara Barat maka ada tujuh orang lady biker siap jalani touring bersama dari Banten menunju Lombok sambil mengangkat budaya-budaya setempat yang hampir terlupakan di sepanjang perjalanan mereka yang akan dimulai pada 9 Mei 2015 yang akan datang.

“Perjalanan 7 lady bikers Indonesia atau disebut dengan Tujuh Srikandi Indonesia ini bertujuan hendak meningkatkan pemahaman akan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), serta kepedulian sesama, dan sekaligus merayakan Hari Kartini, Hari Pendidikan Nasional, Hari Bidan International, serta memperkenalkan potensi parawisata Indonesia khususnya di jalur yang kami lewati,” jelas Ketua Panitia Indonesian Women Bike Week (IWBW), Shirley Wenas yang juga peserta dari 7 Srikandi.

Selain itu, Shirley juga menambahkan bahwa mereka berupaya ingin mengangkat budaya-budaya yang selama ini hampir terlupakan seperti karya tenun di Tuban, Bali, dan di Lombok. Setidaknya ke-7 Srikandi ini ingin meningkatkan pentingnya peran wanita dalam setiap usahanya, dan oleh karena itu mereka ingim memajukan industi kecil dan menengah sambil menekuni kodartnya sebagai perempuan dan juga sebagi ibu yang yang mengayomi keluarga.

“Kegiatan yang maksudkan adalah, nanti setibanya di Cirebon kami akan mengunjungi pengrajinj batik Trusmi dan pelukis laca, kemudian di Jepara kami akan mengunjungi museum Ibu Kartini, di Tuban mengunjunghi pengrajin kain tenun Jedog Batik, di Bali kami akan mengangkat tenun Tenganan. Puncak acara di Lombok, nantinya kami akan ke desa Adat Sade dan mengunjungi pengrajin tenun Lombok. Nah.. dalam perjalanan ini kami membawa tim, yaitu teman-teman media baik cetak, online maupun televisi, jadi diharapkan setiap budaya yang kami kunjungi ini juga akan ter-eksposke seluruh Indonesia bahkan dunia,” papar Shirley.

Perlu dicatat, bahwa 7 Srikandi yang akan jalani touring jauh ini telah terpilih berdasarkan jam terbang dan pengalaman yang dimiliki masing-masing perserta sebagi seorang lady bikers khusnya menggunakan motor besar (moge) bermesin diatas 250cc. Mereka ini adalah Inge Widjaja yang dikenal sebagai Ketua Women On Wheels (WOW) Indonesia, Petty febria, Merry Narulina, Florence Simarmata, Meilana Laissegar, Maureen Gunawan, dan Shirley Wenas.

Indonesian Women Bike Week (IWBW)

Pada puncak acara Indonesian Women Bike Week (IWBW) di Lombok, peserta yang hadir tidak hanya lady biker, tetapi juga akan diramaikan oleh para bikers yang lain, demikian informasi yang terungkap dalam acara prescon IWBW yang berlangsung di auditorium The Breeze, BSD City Serpong pada hari Rabu, 15/4/15.

“Kegiatan Indonesian Women Bike Week (IWBW) merupakan acara pertama dan terbesar di Indonesia. Selain mengangkat kekayaan budaya lokal Indonesia, juga akan mengadakan kegiatan baktti sosial seperti khitanan masal dan pemberian obat-obatan gratis di Desa Wakan Lombok Timur. Tidak itu saja, kami juga adakan touring keliling Lombok. Jadi, melalui acara ini sangat diharapkan bagi lady bikers bisa bergabung,” tambah Shirley.

Sementara itu, Inge Widjaja dengan kapasitas sebagai Ketua WOW Indonesia menambahkan bahwa acara IWBW ini mendapatkan dukungan penuh dari WOW Pusat yang berasal dari Amerika Serikat.

“Sebenarnya WOW itu berdiri dari negara Amerika Serikat kemudian menyebar ke seluruh dunia. Sementara itu, WOW Indonesia merupakan anggota ke-empat di Asean, setelah negara Malaysia, Brunei, dan Thailand. Setelah Indonesia, kabarnya Vietnam juga akan memiliki WOW. Jadi kami ini ini komunitas dan klub moge berbasis international dan di Tanah Air sendiri sudah punya 66 lady bikers yang bergabung dengan WOW Indonesia,” kata Inge

“Jadi pada puncak acara IWBW di Lombok nanti bakal ramai oleh kehadiran para bikers dari berbagai klub dan komunitas motor seperti HDCI dan sebagainya. Yang tak kalah menarik, kami kedatangan tamu WOW International, yaitu wowen bikers dari Australia, Viestnam, Malaysia, dan Brunei Darrusalam. Yang pasti Maznah Zolkifli dari Malaysia sebagai founder dan presiden WOW Asia dipastikan hadir,” beber Inge.

Turut hadir dalam acara prescon tersebut yaitu perwakilan dari Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) Freddy Soemitro, Kreina Tirta selaku penasehat event The 1st Indonesian Women Bike Week yang mana keduanya sekaligus menjadi moderator selama acara prescon tersebut.

Salah satu Srikadi yang turut serta, yaitu Petty Febria menjelaskan bahwa di acara ini tidak hanya mengkhususkan diri kepada pengendara wanita dengan motor gede, tetapi  event nasional The 1st Indonesian Women Bike Week yang juga telah mendapat dukungan langsung dari PP IMI jadi terbuka bagi semua wanita pengendara motor, mereknya apa saja dan besar cc nya juga demikian.

“Kami welcome kepada seluruh kaum wanita pengendara motor dari pelbagai tipe untuk dapat hadir dan bergabung meramaikan pesta motor The 1st Indonesian Women Bike Week,” ujar Petty yang berstatus sebagai karyawan di salah satu perusahaan otomotif dan akan mengambil cuti karena menjadi peserta 7 Srikandi.

Dalam acara tanya jawab dengan kalangan media, Shirley menegaskan mengenai pentingnya keselamatan, keamanan dan keyamanan rombongan selama melakukan perjalanan turing 7 Srikandi ini yang akan melewati jalur utara pulau Jawa.

“Kami akan dikawal petugas kepolisian semata-mata agar perjalanan ini berlangsung degan lancar dan aman sesuai rencana/jadwal yang sudah di agedakan. Satu lagi, WOW ingin menghapus stigma negatif yang melekat pada komunitas moge. Dengan kegiatan ini, kami ingin tegaskan komunitas moge tidak hanya sekadar berkumpul dan hura-hura, tetapi juga serius memperhatikan dan merawat budaya Indonesoa, sekaligus melakukan aksi sosial,” tutup Shirley.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *