1st Indonesia Diecast Expo 2014 dikunjungi ribuan pengunjung  

20141116_162005

Ajang pameran Indonesia Diecast Expo atau disingkat IDE tahun 2014 yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia berhasil mencatat sukses dengan kehadiran ribuan pengunjung membanjiri lokasi pameran di Gedung Kartika Expo Balai Kartini, Jl. Jend, Gatot Subroto Jakarta.

Total penjual tradisional (seller) mencapai 80 lapak (booth) dengan total transaksi melebihi 2 miliar rupiah. Total penjual tradisional itu belum termasuk dengan pengisi sponsor-sponsor utama berjumlah kurang lebih 18 ditambah dengan para komunitas diecast yang hanya memamerkan koleksinya.

“Kami bangga mampu mengakhiri pameran diecast pertama di Indonesia ini dengan penjualan dan dukungan dari para penjual yang cukup siknifikan. Sekaligus melalui ajang pameran ini kita mampu menampilkan dan memberikan kesempatan kepada khalayak luas untuk melihat secara langsung koleksi-koleksi yang unik, langka dan terlengkap,” kata Arya Lembana, ketua pameran kepada OTOSL.com yang datang kelokasi acara tadi sore (Minggu, 16/11/14).

Disamping ajang pameran jual beli komunitas diecast, ajang kali ini juga menjadi kesempatan bagi pebalap-pebalap diecast beradu cepat diatas 2 tipe lintasan. Terdiri dari 2 kelompok pebalap yaitu Tomoci dengan lintasan alumunium dan IRDI dengan lintasan plastik orange.

Total mobil balap yang mengikuti kompetisi balap mencapai jumlah terbanyak dalam sejarah yaitu 5.000 mobil diecast. Sementara untuk pemenang juara 1 dari masing-masing kelompok memperoleh motor Honda Revo dimana hadiah kali ini memiliki jumlah nilai uang terbesar selama balapan diecast berlangsung di Indonesia.

Kesuksesan ajang pameran diecast pertama ini diluar perkiraan penyelenggara karena beberapa waktu mendekati hari-H peserta pameran masih belum memenuhi kuota yang harus dicapai. Tetapi berkat dukungan penuh para komunitas pecinta diecast dari seluruh Indonesia dengan melakukan promosi yang lebih gencar melalui sosial media maka hingga hari H peserta pameran bisa memenuhi kuota.

“Kami senang sekali bisa turut serta dalam ajang pameran diecast terbesar kali ini. Pamerannya top karena tidak seperti pameran mainan lainnya. Tahun depan saya pasti akan ikut lagi,” ujar salah satu dedengkot diecast Jakarta, Ical Toys.

Antusias dan dukungan yang berharga dari seluruh pihak baik dari komunitas maupun sponsor membuat pihak penyelenggara berniat untuk menyelenggarakan edisi keduanya tahun depan. Bahkan ide awal untuk memiliki skala internasional menjadi harapan kedepannya dengan para peserta dari luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *