The 1st Indonesia Diecast Expo 2014, Ide Awal Menuju Ajang Internasional

DSCN0443

Pameran mainan miniatur, Indonesia Diecast Expo (IDE) 2014, untuk pertama kalinya resmi digelar di Gedung Kartika Expo Balai Kartini, Jl. Jend, Gatot Subroto Jakarta pada hari Sabtu–Mingg (15-16 November 2014). Pameran in melibatkan puluhan exihibitor termasuk peserta dari luar negeri seperti Brunei, Malaysia, Sinagpuran dan Australia.

Pameran yang juga disebut dengan “The 1st Indonesia Diecat Expo 2014” atau disingkat IDE 2014 ini diselenggarakan oleh event organiser Langgeng Pariwara Internasional dengan target pengunjung sekitar 10 ribu pengunjung selama dua hari, pameran terbuka untuk umum dan semua umur boleh masuk kedalam ruangan expo.

Ketua panitia IDE 2014, Arya Lembana mengungkapkan, “Antusiasme masyarakat pada mainan diecast cukup besar sehingga pemeran yang pertama kalinya ini sekaligus sebagai penyelenggaraan festival diecast di Indonesia.”

“Tujuannya adalah mempersatukan seluruh penggemar diecast di Indonesia antara kolektor, hobiest, penggemar, komunitas, sekaligus para penjualnya. Acara inipun sebagai silahturahmi dan forum komunikasi dari seluruh penggemar diecast di Tanah Air dan bisa menjadi barometer untuk industri diecast yang menurut kami saat ini saat sedang berkembang pesat,” tambah Arya kepada OTOSL.com hari Sabtu (15/11).

The 1st Indonesia Diecast Expo 2014 ini bukan sekedar jualan mainan, atau sekedar tempat mainan anak kecil bermain, tetapi ajang ini adalah tempat berkumpulnya para penggemar/hobbiest diecast, atau ajang pamer koleksi yang harganya yang menurut sebagian orang tidak masuk akal alias mahal.

Lebih dari itu, sebagaimana sudah disebutkan oleh Arya, bahwa kegiatan ini rencananya akan dihelat secara berkala setiap tahun sebagai barometer pertumbuhan diecast di Tanah Air berserta segala aspek yang menyertainya, baik dari segi jumlah penggemar dan komunitas, kreatifitas serta bisnis diecast di Indonesia.

Arya menambahkan antusiasme masyarakat pada mainan diecast salah satunya terlihat dari jumlah komunitas pecinta diecast yang hampir tersebar di seluruh Indonesia. Dalam pameran ini sekitar 64 komunitas pecinta mainan diecast yang ikut serta dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Tasikmalaya (Jawa Barat), Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

“Dari 64 komunitas ini, sebanyak 16 komunitas merupakan pencinta jenis diecast mobil. Sementara sisanya, pesawat, kapal laut, sepeda motor dan kereta api,” ungkap Arya.

Mainan diecast lebih dikenal sebagai miniatur dari sosok sebenarnya, dan ini menjadi mainan favorit mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Ada berbagai macam model, jenis dan merek, maupun tokoh-tokoh kartun terkenal yang sering muncul dari film Hollywood menjadi item-item yang sangat menarik di ajang The 1st Indonesia Diecast Expo ini.

One thought on “The 1st Indonesia Diecast Expo 2014, Ide Awal Menuju Ajang Internasional

  1. andreas tedjasukmana says:

    koq saya ga dapt info event ini ? saya punya lebih dari 1000 diecast. kalau da event algi. email yach

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *