All New Ford EcoSport dan wisata pantai Hua Hin

IMG_1621

Ajang media test drive All-New Ford EcoSport yang berlangsung di kawasan Hua Hin Thailand pada Sabtu, 15 Maret 2013 memberikan kesan yang mendalam. Bagi OTOSL.com yang ikut serta, tidak hanya sekedar mencoba mobil baru dari Ford tetapi juga menikmati wisata di Thailand.

Hua Hin terletak disebelah selatan kota Bangkok, ditempuh dengan mobil sejauh 229 KM dengan waktu 3 jam lebih (lihat map google). Bagusnya rombongan media asal Indonesia sebanyak 20 orang lebih ini, dijamu oleh PT Ford Motor Indonesia dengan aneka makanan dan minuman yang berlimpah, begitu pula penginapannya adalah kelas satu di Sheraton Resort & Spa Hua Hin Thailand.

Ada apa di Hua Hin? Sudah pasti Thailand memiliki daya tarik wisata yang mempesona hampir di seluruh wilayahnya, dan khusus Hua Hin tentu saja pemandangan pantai menjadi salah satu objek wisatanya. Adapun salah satu rute dari rombongan media ketika mencoba All New Ford EcoSport adalah menyusuri gari pantai Maharaj Beach dan makan siang di Brassiere Beach dengan pemandangan pulau unik (Khoh Nhom Sao).

Dalam perjalanan ini OTOSL.com mencoba sendiri bagaimana kenikmatan dan kenyamanan All New Ford EcoSport bermesin 1.5L Ti-VCT Engine yang memang selalu siap untuk diajak pergi kemanapun, baik itu melalui jalan-jalan kota yang sempit atau jalan yang tidak rata.

Berikut ini beberapa keunggulan All New Ford EcoSport yang perlu disimak lebih lanjut.

Salah satunya adalah memiliki ground cleareance yang tinggi, kemampuan water-wading luar biasa, berkendara mulus dan handling halus. Urban SUV ini mendefinisikan segmennya secara sempurna untuk menemukan tempat-tempat baru di kota dan juga menjelajahi negara.

Ford EcoSport menawarkan posisi duduk tinggi yang memberikan pengemudi pandangan jelas terhadap jalan di hadapannya. Ground clearance 200 milimeter, artinya konsumen tidak perlu khawatir ketika melintasi polisi tidur dan jalan berlubang. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan sudut tanjakan (approach angle) 25 derajat, dan sudut turunan (departure angle) 35 derajat.

Tak itu saja, All New Ford EcoSport memiliki kemampuan luar biasa untuk mengarungi genangan air setinggi 550 milimeter, dimana pengemudi dapat berkendara dengan yakin melintasi kubangan air yang besar, terutama selama musim hujan.

Untuk memberikan peace of mind kepada pelanggan saat berkendara All New EcoSport, teknisi Ford menempatkan SUV ini melalui proses pengujian seksama selama pengembangannya. Hampir 20.000 penilaian menggunakan komputer dilakukan selama fase pengujian virtual, dengan solusi yang dioptimalkan melalui ratusan pengulangan.

Menurut Ford, urban SUV ini juga telah dikendarai sampai lebih dari 2 juta kilometer di lebih dari 12.000 pusat tes simulasi dan tes jalan di Amerika Selatan, Amerika Utara, Asia dan Eropa – termasuk didalamnya beberapa suhu dari -25 hingga 50 derajat Celcius dan pada ketinggian hingga 4.300 meter.

“Kami menguji All New EcoSport secara ekstrem agar pelanggan tahu bahwa mereka dapat bergantung pada SUV ini untuk membawa mereka kemanapun,” kata Scott Walton, Manager Power Integration and Program Management dari Ford Asia Pacific.

“Dengan ground clearance yang tinggi dan kemampuan water-wading superior, Ford EcoSport sangat cocok untuk menjelajah, tidak peduli di musim apa pun,” tambahnya.

Keunggulan All-new Ford EcoSport yang lainnya, mobil telah dilengkapi dengan sistem electric power-assisted steering (EPAS), yang memberikan pengemudian tepat dengan rasa yakin dan alami. Hal ini memudahkan pengemudi dalam berkendara.

Sistem EPAS dapat memberikan respons yang akurat pada kecepatan tinggi sementara tetap ringan dan dapat dikendalikan saat melakukan manuver parkir. Kemudi juga cukup pintar untuk membeda-bedakan bantuannya berdasarkan kecepatan kendaraan, sudut roda kemudi, daya menikung dan percepatan atau perlambatan.

Karena pompa power steering yang digerakkan sabuk telah dihilangkan, maka sistem EPAS dapat menghasilkan kendaraan yang lebih senyap dengan lebih sedikit komponen menarik tenaga mesin. Menurut Ford, sistem kemudi EPAS ini mengurangi konsumsi bahan bakar setidaknya tiga persen dibandingkan dengan sistem power steering hidrolik konvensional.

EPAS juga memungkinkan teknologi baru yang menyesuaikan untuk gangguan minor saat berkendara. Pull-Drift Compensation mendeteksi kondisi jalan – seperti permukaan jalan yang cembung atau angin kencang dari samping – dan menyesuaikan sistem EPAS untuk membantu pengemudi mengkompensasi daya tarik dan geser yang dapat ditimbulkan oleh kondisi ini.

Active Nibble Control membantu mengurangi getaran yang tersalurkan melalui roda kemudi. Fitur ini merasakan dan menghilangkan rasa “meliuk” pada kecepatan tinggi ketika roda tidak seimbang atau rotor rem melengkung. Kedua teknologi berbasis peranti lunak dirancang dan diintegrasikan agar menjadi mulus dan tidak mencolok bagi pengemudi.

Keakuratan kemudi sistem EPAS secara khusus berguna saat melintasi jalan-jalan kota yang sempit. Radius putar ketat Ford EcoSport sebesar 10,8 meter juga membuat navigasi lalu lintas perkotaan menjadi lebih mudah, terutama ketika sedang melakukan putaran balik (U-turn) di jalan yang dipenuhi mobil parkir di kedua sisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *