IIMS 2012: Tampilkan Kendaaraan Ramah Lingkungan

7 September 2012. Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 sudah memasuki tahun yang ke 20. Perhelatan akbar ini akan dimulai pada tanggal 20 September 2012 dimana panitia (Dyandra Promosindo) dan juga Agen Pemegang Merek (APM) mulai merampungkan segala persiapan untuk hajatan otomotif terbesar di tanah air ini dengan berbagai program promo kejutan bagi para pecinta otomotif di Indonesia. Hal ini terungkap dalam acara jumpa media di Hotel Mulia hari Kamis (6/2/12).

Para APM dan industri pendukung otomotif yang ikut IIMS 2012 akan menempati area Jakarta International Expo (JIE) Kemayoran seluas 71.331 M2, atau naik 10 % dibanding tahun lalu yang menempati lahan seluas 63.654 M2. Panitia akan menggunakan Hall A, B, C, clan D untuk kendaraan penumpang sementara area outdoor untuk kendaraan niaga. Sampai saat ini, tercatat 35 merek kendaraan yang terdiri dari 25 merek kendaraan penumpang dan 10 merek kendaraan niaga berpartisipasi pada pameran IIMS 2012.

Merek kendaraan penumpang yang hadir dalam pameran IIMS 2012, diantaranya Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Daihatsu, Dodge, Ford, Geely, Honda, Hyundai, Infinity, Jeep, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Mini, Nissan, Peugeot, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan Sedangkan untuk kendaraan niaga / industri yang akan tampil antara lain FAW, Foton, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Tata Motos, Toyota Dyna, serta UD Trucks. dengan hadirnya beberapa merek baru di IIMS tahun ini, jumlah peserta mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun lalu yang hanya menampilkan 32 merek APM.

Luasnya cakupan area pameran dan besarnya dukungan dari APM menjadi bukti atas peran aktif IIMS dalam membuka dan menjaga potensi Indonesia untuk menjadi pasar otomotif terbesar di ASEAN. Hal ini setidaknya sudah berhasil dibuktikan melalui luas area pameran yang lebih luas dari luas lahan yang lebih besar dari luas pameran otomotif lainnya di ASEAN.

Semangat Eco-Mobility APM

Tekad dan keseriusan IIMS mendukung reservasi lingkungan hidup ditunjukkan dengan tema Eco-Mobility. Tema ini mewakili gaya hidup masyarakat perkotaan yang baru, mendukung cara cerdas ber-transportasi, mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, serta semangat untuk memprioritaskan cara hidup yang mengutamakan kegiatan ramah lingkungan serta konservasi energi. Tema ini dianggap mampu mempromosikan mobilitas dan aksesibilitas yang ramah lingkungan serta efisiensi bahan bakar khususnya di kota-kota besar di Indonesia.

Dukungan APM tentunya menjadi bagian penting penyelenggaraan “The 20th Indonesia International Motor Show” atau IIMS 2012. Berbagai tema booth dan line up kendaraan yang akan ditampilkan para APM, yang tentunya mewakili tema besar IIMS Eco-Mobility, akan menjadi daya tarik besar IIMS tahun ini.

Sebagai contoh, Chrysler Indonesia tahun 2012 ini akan menampilkan booth dengan tema “Stay Driven Harmony Technology” yang memadukan antara desain dinamis dengan alur yang seimbang, sebuah keselarasan antara teknologi dengan alam. Sementara untuk line-upnya, Chrysler Indonesia menampilkan 16 unit kendaraan dari varian Jeep, Chrysler dan Dodge dengan Dodge Charger Redline sebagai andalan. Mobil dengan bentuk agresif sebagai ikon muscle car yang hanya bisa dilihat di film lansiran Holywood bakal hadir di booth Chrysler.

Mengambil momentum perayaan 105 tahun Daihatsu di Indonesia, pada IIMS 2012 Daihatsu akan mengusung tema besar “Daihatsu Sahabatku” atau “Best Friend of Life”. Unsur air dan daun akan mendominasi rancangan booth Daihatsu yang merupakan bagian dari konsep Eco Friendly sebagai tema utama booth Daihatsu, tema tersebut dipilih karena memiliki visi yang sama dengan semangat Eco-Mobility dari IIMS 2012.

Dengan berbagai fasilitas dan program yang akan memanjakan pengunjung, booth Daihatsu yang terletak pada Hall A ini akan menampilkan beragam lini produk terbarunya. Setidaknya ada 15 unit akan di display, mulai dari produk domestik, kendaraan modifikasi, current model standar yang telah di dressed up hingga mobil konsep akan di hadirkan Daihatsu di IIMS tahun 2012 ini.

Masih sejalan dengan tema IIMS 2012 ini, Toyota Indonesia akan menghadirkan tema ‘Goodness For Tomorrow”. Suatu bentuk nyata Toyota melalui karya-karya yang tidak hanya memikirkan hari ini, melainkan juga memikirkan jangka panjang ke depan untuk kehidupan anak cucu kita semua. Toyota Indonesia akan menampilkan 25 produk, baik berupa line up product maupun special exhibits.

Hall B IIMS 2012 ini, BMW Group Indonesia akan menghadirkan 2 brandnya yaitu BMW dan MINI. Semua produk terbaru BMW yang hadir di IIMS akan mengusung teknologi ramah lingkungan terbaru BMW yang disebut efficient dynamics. Selain itu BMW juga akan memajang produk untuk pemilik ataupun penggemar merk BMW berupa BMW Lifestyle Accessories Collection dan MINI Lifestyle Accessories Collection.

Lewat IIMS 2012, General Motors Indonesia menandai kembalinya kejayaan Chevrolet di Indonesia. Chevrolet akan menggelar mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia, termasuk Colorado, Orlando, Aveo, Trailblazer, Captiva, Spark dan Cruze. Pada kesempatan yang sama, Chevrolet juga akan menampilkan kendaraan andalan tahun 2013 yang akan diproduksi di Indonesia.

Tema “Innovation that Excites” menjadi pilihan Nissan Motor Indonesia dan Infiniti Indonesia di IIMS 2012, berbagai line up kendaraan barn akan hadir dibooth yang terletak pada hall D ini. Tidak ketinggalan, Nissan Motor Indonesia clan Infiniti Indonesia juga akan menampilkan kendaraan konsep mereka seperti All New Nissan Serena, Elgrand 2.5L serta sports car legendaris Nissan GTR R35 dan Infiniti F1 Show Car.

Tidak ketinggalan, APM otomotif global berbasis di Cina Geely akan hadir untuk kali kedua di IIMS 2012. Selaras dengan tema IIMS, Geely tetap fokus menghadirkan produk yang modern, berkualitas, aman, dan environmental friendly. Geely secara khusus mendatangkan produk baru sedan model EC7 1.8L. Pada IIMS 2012, Geely juga akan membawa produk dalam kelompok Geely Global yakni TX4 2.4L AT yang sudah sangat dikenal memiliki kekuatan mesin maksimal namun juga ekonomis.

Selain APM-APM di atas, seluruh APM peserta IIMS dipastikan akan hadir dengan konsep booth dan line up produk unggulan yang akan menarik mata para pengunjung setia Indonesia International Motor Show.

“Dukungan APM ini merupakan hal yang positif yang semakin memantapkan posisi Indonesia untuk meraih posisi terdepan dalam industri otomotif di ASEAN. Kami juga mengharapkan dukungan yang sama dari masyarakat pecinta otomotif di Indonesia.” ujar Ketua Umum Gaikindo, Sudirman MR.

Ketua penyelenggara IIMS 2012, Johnny Darmawan menambahkan, “Keseriusan APM dalam mendukung pameran tahun ini jelas terlihat dari tema yang mereka hadirkan pada IIMS tahun ini. Semuanya membawa semangat yang sama yaitu semangat untuk bertransportasi dengan cerdas mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan efisiensi penggunaan bahan bakar serta semangat untuk memprioritaskan cara hidup yang mengutamakan kegiatan ramah serta konservasi energi. la juga menambahkan bahwa hal ini menjadi bukti bahwa teknologi otomotif semakin lama semakin radar akan pentingnya menjaga lingkungan untuk kebaikan masa depan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *