Modifikasi McLaren 570GT ‘Berbulu’

Dalam rangka menyambut ‘April Mop’ yang jatuh pada 1 April, McLaren memberi kejutan dengan merilis McLaren 570GT yang telah dimodifikasi dengan ‘bulu burung’.

Modifikasi seperti ini bisa dibilang baru pertama kalinya dilakukan oleh produsen supercar asal Inggris. Sebanyak 10.000 helai bulu burung dari bahan serat karbon ini menempel sempurna di seluruh supercar basis Grand Touring ini.

Bengkel yang mengerjakan modifikasi seperti ini adalah McLaren Special Operations (MSO), para teknisi di divisi tersebut mengerjakannya secara ‘hand made’ selama 300 jam. Menariknya modif ini sedikit pun tidak menambah bobot kendaraan, bahkan bulu-bulu yang menempel tersebut tidak lebih berat dari warna cat warna metalik pada mobil mereka. Selain itu, bulu-bulu tersebut juga tidak mengganggu aerodinamika mobil.

“Insinyur dan desainer kami telah lama terinspirasi oleh alam dalam tujuan kami untuk menciptakan bentuk paling ringan dan paling aerodinamis di jalan. Kami menyebutnya madifikasi biomimikri. Dan suatu hari ketika kami berjalan di sekitar kampus Woking, salah satu dari kita menatap indahnya burung beterbangan mengelilingi danau kami, kemudian mengambil bulu dari tanah dan meletakkannya di sebuah mobil. Seketika hal ini berubah menjadi percakapan dengan para pengrajin dan wanita di MSO yang menyebabkan penciptaan Feather Wrap,” terang McLaren Biomimikri Spesialis, Robin Crane.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *