Ini dia pemenang V-KOOL Creative Challenge Indonesia 2017

PT V-KOOL Indo Lestari, distributor kaca film V-KOOL di Indonesia, hari ini mengumumkan hasil penjurian Kompetisi Video Pendek, V-KOOL Creative Challenge Indonesia yang digelar pada tanggal 17 November 2016 hingga 7 Maret 2017.  Acara pengumuman dan menyaksikan bersama nominasi pemenang dan penyerahan hadiah dilangsungkan di XXI Cinema,Plaza Indonesia, Jakarta, di hadapan para nominator, dealer V-KOOL di Jakarta, media serta dewan juri.

Pemenang V-KOOL Creative Challenge Indonesia mendapatkan hadiah uang senilai Rp. 50 juta untuk Pemenang video 5 menit pilihan Juri dan uang senilai Rp. 30 juta untuk Pemenang video 1 menit pilihan Juri (Juri Grand Prize).  Sedangkan karya dengan votes/likes terbanyak akan terpilih menjadi “Favourite Video” dengan hadiah masing-masing senilai Rp. 10 juta baik untuk video berdurasi 1 menit maupun video berdurasi 5 menit.

Mengusung dua tema  “You Deserve The Best”, untuk kategori video 5 menit dan “Give Your Definition of KOOL”, untuk kategori video 1 menit, V-KOOL Creative Challenge Indonesia memberikan kesempatan luas bagi para filmmaker muda untuk berkreasi dalam kompetisi video kreatif yang memperebutkan hadiah hingga 100 juta rupiah.  Tema ini sejalan dengan slogan V-KOOL, “You Deserve The Best”, dimana V-KOOL selalu menjaga komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen dan mitra bisnis.

Tercatat ada 251 video pendek diterima oleh Treewater Productions sebagai penyelenggara kompetisi yang terdiri dari 151 video 1 menit dan 100 video 5 menit, dan dikirim oleh peserta yang berasal dari 62 kota berbeda di Indonesia.  Sedangkan umur peserta sebagian besar berkisar antara 21 hingga 40 tahun, walaupun ada pula peserta remaja yang berusia dibawah 15 tahun.

Linda Widjaja, Vice President Director, PT V-KOOL Indo Lestari mengatakan bahwa, “Kami merasa sangat bangga dapat memberikan kesempatan bagi generasi muda Indonesia untuk menunjukkan kreatifitas mereka dalam pembuatan video pendek”

“Inisiatif V-KOOL ini ditanggapi dengan baik oleh peserta, terlihat dari jumlah karya yang kami terima sebanyak 251 video pendek. Dan yang lebih menggembirakan lagi adalah, peserta Kompetisi ini tidak hanya datang dari kota-kota besar di Indonesia, tetapi diikuti juga oleh peserta dari luar Jawa. Hal ini menunjukkan bahwa ajang seperti ini memang sangat dibutuhkan, terlihat dari gencarnya peserta daerah mengirimkan karyanya dan bisa menjadi ajang untuk mendapatkan bakat-bakat baru dalam industri audio visual di Indonesia.” tambahnya.

Karya video pendek yang dibagi dalam kategori video 1 menit dengan tema “Give your definition of KOOL”, menghasilkan video pendek yang tidak hanya bersifat lebih komersial tetapi juga unik dan artistik.  Karya video ini merupakan respon kreatifitas peserta yang membuat cerita berkisar dan terinspirasi dari keunggulan produk dan merk kaca film V-KOOL.

Sedangkan kategori video 5 menit dengan tema “You Deserve The Best”, lebih ditujukan untuk mendorong kreatifitas peserta yang hasilnya lebih mengacu pada nilai-nilai dan falsafah hidup yang merupakan cerminan nilai-nilai yang dimiliki oleh V-KOOL (brand values).

Karya-karya yang dihasilkan peserta baik untuk kategori video 1 menit, maupun video 5 menit, terlihat sangat beragam, unik dan artistik dengan satu benang merah yang dapat ditarik, yaitu memperlihatkan bagaimana ide-ide moderen juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Dalam “V-KOOL Creative Challenge Indonesia” sebagian besar peserta, terutama untuk kategori video 1 menit, menyerahkan karya asli yang diproduksi khusus untuk mengikuti Kompetisi ini.  Sedangkan dalam kategori 5 menit, peserta bebas untuk mengirimkan karyanya, baik yang dibuat khusus, maupun yang memiliki tema yang sesuai dengan tema Kompetisi.  Genre dari karya yang diserahkan terbanyak ber-genre Drama disusul dengan genre Komedi dan adapula genre Fantasi bahkan Animasi.

Karya-karya video tidak hanya dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari Garin Nugroho, Kamila Andini serta Naya Anindita, tapi juga dikurasi oleh Arbain Rambey, jurnalis foto senior dari Harian Kompas, sekaligus juga dinilai oleh publik dengan memberikan voting melalui chanel youtube V-KOOL Creative Challenge Indonesia yang dibuka sejak 23 Maret hingga 2 April 2017.

Mengenai V-KOOL Creative Challenge, salah satu juri, Naya Anindita menyampaikan pendapatnya, bahwa, “Kegiatan film seperti ini sangat membantu teman-teman filmmaker untuk mengasah kreatifitas dan juga menjalin networking dengan filmmaker senior.  Dengan semakin berkembangnya teknologi, teknologi menjadi alat bagi para seniman muda untuk berkarya.”

Ketua Dewan Juri V-KOOL Creative Challenge Indonesia, Garin Nugroho, mengatakan, “V-KOOL Creative Challenge menjadi penting ditengah lahirnya generasi visual baru Indonesia lewat pertumbuhan teknologi digital.  Generasi visual baru yang memerlukan ruang kreatif koompetitif untuk melahirkan daya hidup kreatif sebagai gaya hidup anak muda masa kini.  Salah satu syarat pertumbuhan industri kreatif dewasa ini adalah bertemunya dukungan industri swasta dan potensi sumber daya kreatif anak muda.  Inilah nilai utama dari V-KOOL Creative Challenge.”

Komentar tersebut didukung oleh Kamila Andini dengan mengatakan bahwa V-KOOL Creative Challenge memberikan ruang untuk menyalurkan ide-ide kreatif generasi muda.  “Kompetisi ini memperlihatkan bahwa Indonesia dipenuhi bakat-bakat kreatif.  Semua finalis menginterpretasikan brief dengan sangat baik dengan perspektif yang sangat beragam.  Dan para pemenangnya berhasil mengekspresikan dengan cara bertutur yang signifikan”, demikian menurut Kamila.

“Harapan kami V-KOOL Creative Challenge Indonesia dapat menjadi sarana pendukung bagi generasi muda untuk mengeksplorasi kreatifitas mereka melalui kompetisi video pendek.  Dan kami berharap ide-ide kreatif ini dapat kami kembangkan terus untuk memberikan ruang bagi kreator muda maupun kreator baru untuk menampilkan karya-karya mereka,” lanjut  Linda Widjaja sambil menutup pembicaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *