Lampu & Klakson BOSCH beri kenyamanan Solo Touring BORNEO

Lokasi: 0 Km Kota Kinabalu Sabah, Malaysia

Misi perjalanan “Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara”, yaitu Indonesia – Malaysia dan Brunei telah selesai dan finish di hari Rabu, 1 Februari 2017. Perjalanan diawali Senin, 2 Januari 2017 menggunakan sepeda motor Suzuki Inazuma GW250 yang ditempuh sejauh 7.666 Km dalam waktu 31 hari (termasuk Jakarta – Surabaya pp 1.600 Km) dengan rute sebagai berikut:

Cinere Depok – Jakarta – Kudus – Surabaya – Banjarmasin – Sampit – Pangkalan Bun – Tayan – Pontianak – PLBN Aruk Sambas – Kuching – Sibu – Miri – Brunei – Kota Kinabbalu – The Tip of Borneo – Kudat – Telupid – Tawau – Simanggaris – Malinau – Tideng Pale KTT – Tanjung Selor – Tanjung Redeb – Sangata – Samarinda – Balikpapan – Banjarmasin – Surabaya – Sermarang dan Jakarta – Cinere Depok. Hasil dari seluruh rangkaian perjalanan ini adalah Zero Accident dan Zero Trouble.

Safe Ride hal itulah yang diusung dalam perjalanan tersebut ini, artinya saya sebagai Solo Rider (Pengendara Seorang Diri) harus hati-hati dan waspada karena satu kali mengalami musibah maka akan menjadi malapetaka, bahkan resiko terburuknya akan menimbulkan biaya besar (evakuasi, towing, perawatan medis, perbaikan motor dan sebagainya). Namun disini saya patut bersyukur dengan motor Inazuma yang sudah dilengkapi dengan Lampu dan Klakson merek BOSCH dimana dua produk aftermarket benar-benar bekerja secara maksimum.

Coba perhatikan foto diatas, motor Suzuki Inazuma yang dipakai menjalani Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara. Adakah disana lampu tambahan, lampu kabut, lampu samping, lampu kuning, maupun lampu strobo? Jawabnnya, tidak ada lampu tambahan kecuali lampu utama yang sudah menggunakan bohlam merek BOSCH.

Ya, saya hanya mengandalkan lampu utama selama perjalanan Solo Touring BORNEO karena sinar cahaya bohlam BOSCH sangat terang, bahkan lebih terang dari lampu bawaan pabrik. Uniknya selama perjalanan di malam hari, ada banyak kendaraan dari arah depan yang mengira saya menggunakan lampu lampu jauh padahal tidak demikian. Sinar terang lampu BOSCH telah memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara, bahkan selama perjalanan lampu ini terus hidup (automatic light on).

Selain itu, saya juga menggunakan Klakson Keong BOSCH menghasilkan suara yang nyaring. Hal ini juga sangat membantu dalam berkendara untuk memastikan Inazuma dapat berjalan dengan aman dan lancar. Klakson dipakai hanya sewaktu-waktu bila dirasa perlu, agar saya lebih secure. Jika tombol klakson ditekan full, maka suara klakson menjadi keras dan panjang. Oleh karena saya lebih banyak menekan tombol klakson hanya setengah dengan gerakan yang cepat.

Selain lampu dan klakson, saya juga menggunakan sepasang busi Irridium merek BOSCH. Waw.. ihasilnya luar biasa, Mesin motor Inazuma menjadi stabil, joss dan melesat kencang. Busi BOSCH sebagai sumber api membuat pembakaran mesin motor Inazuma menjadi lancar dan semakin mantap untuk terus melaju.Lagi-lagi hal ini memberikan kenyamanan dalam berkendara jarak jauh.

Selama jalani Touring Borneo, Inazuma 250cc ini tidak pernah ngambek atau mogok karena busi. Pokoknya mesin Inazuma selalu joss bahkan semakin enteng dalam kecepatan tinggi, padahal barang bawaannya lumayan banyak.Rata-rata perjalanan menempuh jarak sekitar 300 km perhari selama 31 hari,

Detail produk BOSCH yang digunakan motor Suzuki Inazuma dalam misi “Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara” adalah sepasang Lampu Utama H4 Gigalight Plus 120 12V 60/55W, 1 set Klakson Keong BOSCH H3F, Relay Klakson BOSCH 4 Pin 12V TW, Lampu Belakang Motor BOSCH 12V21/5W P215W, dan sepasang busi BOSCH tipe Iridium kode UR2CI30. Semoga produk aftermarket BOSCH ini dapat juga dipakai oleh biker yang lain.

Simak video berikut ini yang direkam pada bulan Desember 2016 saat melakukan persiapan dan belum melakukan start:

Akhir kata, saya Stephen Langitan sebagai penggagas dan pelaku Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara mengucapkan banyak-banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PT Robert BOSCH yang telah mempercayakan penggunaan produk aftermarket BOSCH bersama motor Suzuki Inazuma 250cc dengan hasil yang sangat memuaskan.

One thought on “Lampu & Klakson BOSCH beri kenyamanan Solo Touring BORNEO

  1. saya sangat salut ma om stephen…. walaupun tidak muda lagi, tapi semangatnya joss banget untuk menjelajah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *