Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara: Motor Inazuma terbukti tangguh

Lokasi foto: Hutan Perbatasan Indonesia – Malaysia, Kec. Simanggaris Kab. Nunukan Kaltara

Melalui ajang “Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara”, yaitu Indonesia – Malaysia dan Brunei sejauh 7.666 KM dalam waktu 31 hari termasuk dengan rute Jakarta – Surabaya 1.600 Km (pp), tanpa ada masalah (Zero Trouble), ini semakin membuktikan bahwa Suzuki Inazuma GW250 adalah motor touring yang benar-benar sangat tangguh, nyaman dan mesinnya bandel.

Saya mulai tertarik dengan motor Suzuki Inazuma melalui acara Jakarta Motorcycle Show 2014 karena pada saat itu hanya Suzuki yang memiliki motor berkarakter touring (street bike) dengan kapasitas mesin 250cc.

Saya hobi turing tetapi butuh motor bermesin 250cc, dan sudah waktunya saya naik kelas. Alasannya negara Indonesia sudah memilki banyak kemajuan serta perkembangan khususnya jalan di seluruh wilayah Indonesia yang jauh lebih baik dengan jalan lebih lebar, dan jalan lurus dan membutuhkan motor bertenaga besar.

Akhirnya Suzuki Inazuma warna merah tahun produksi tahun 2013 datang kerumah tepatnya pada hari Senin, 17/11/14 (artiikel ini). Saya bangga memiliki motor Inazuma dari hasil jerih payah dan tabungan sendiri, dan hal ini menjadi tantangan tersendiri dengan membuat beberapa agenda turing pribadi, maupun ikut bersama komunitas Inazuma Owner Network (ION).

Berikut ini adalah pencapaian perjalanan touring motor Suzuki Inazuma milik sendiri bersama saya sebagai penunggannya, dan kebanyakan solo riding (berkendara seorang diri):

  • Januari 2017: Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara, 7.666 Km (31 hari)
  • Maret 2016: Solo Touring Lintas Jawa-Sulawesi 6.000 Km (29 hari)
  • Oktober 2015: Solo Touring Keliling Sumatera 5.500 Km (15 hari)
  • Mei 2015: Solo Touring Jakarta – Bali – Lombok 3.250 Km
  • Februari 2015: Touring to West Java 570 Km
  • Januari 2015: Solo Touring To Central Java 530 Km
  • Januari 2015: Solo Touring Banten 515 Km

Dari seluruh perjalanan touring tersebut, Suzuki Inazuma milik saya ini sama sekali tidak pernah ada keluhan, bahkan motor inipun tidak pernah mogok maupun rewel.

Motor Inazuma ini terbukti telah memberikan kenyamanan dengan mesin injeksi 2 silinder dengan kapasitas 250cc, SOHC, dan serta 6 kecepatan yang dapat menghasilkan tenaga hingga 24 PS pada 8.500 rpm dan memberikan torsi sebesar 22 Nm pada 6.500 rpm.

Singkat kata napas atau torsi Inazuma sangat panjang, apalagi kalau sudah masuk di gigi 6, kalau gas diplintir akan semakin kencang dan ngacir. Saya jadi ngeri kalau mau mengikuti tenaga mesin Inazuma di trek pegunungan, jalan lurus, sekalipun di jalan rusak. Untuk medan jalan di Indonesia, tenaga motor ini sudah sangat pas. Tenaga bawah maupun atas bisa dipakai secara maximum.

Perjalanan Inazuma milik saya sudah tak terkatakan lagi, yang pasti motor Inazuma ini tangguh dan bandel, bahkan suspensinya sangat nyaman buat jalan jauh? Mengapa? Karena suspensinya mantap, kalau semakin berat akan makin enak, serta posisi duduknya sangat pas, tidak bungkuk, dan tidak bikin lelah/capek, malah sebaliknya bikin ketagihan untuk ngegas.

Suzuki Inazuma GW 250 ini memang telah dirancang sebagai motor yang siap digunakan untuk segala medan perjalanan. dapat melibas jalanan terjal, menikung dengan mudah. Ini adalah salah satu pilihan motor touring yang direkomendasikan serta memiliki sejumlah keunggulan menarik yang patut dipertimbangkan khususnya bagi mereka penyuka turing jarak jauh. Kalau cuma jarak dekat tanggung bro.

Soal pilihan bahan bakar tidak ada masalah, saya sering pakai berbagai jenis oktan bervariasi, dimulai dari premium, pertalite90, pertamax92, pertamax98, dan di malaysia tersedia bbm oktan 95 dan 98. Semuanya pernah di pakai Inazuma dalam berbagai ajang touring dan kinerja mesin motor tetap stabil dan bertenaga.

Setahu saya bodi motor Suzuki Inazuma 250 menggunakan kerangka “Semi Double Cradle” dan katanya kerangka ini sangat kuat, kokoh, serta menggunakan suspensi teleskopik di bagian depan dan suspensi monosock untuk bagian belakang dengan 7 setelan kenyamanan. Ya semuanya benar, dan saya telah buktikan sendiri dengan melewati berbagai medan, sekalipun melewati jalan tanah liat, melewati jalan setapak di hutan, semuanya oke-oke saja. Tidak ada masalah.

Akhir kata terima kasih kepada PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai produsen motor Suzuki di Indonesia yang telah menghadirkan sepeda motor untuk touring jarak jauh yang tangguh, nyaman dan memiliki mesin bandel alias awet tidak merepotkan pemiliknya. Peace in Mind!

Sementara tips dan trik dari saya agar Inazuma selalu tetap joss dalam menjalani touring jauh, yaitu lakukan servis rutin di bengkel resmi Suzuki, lakukan penggantian oli secara rutin, menggunakan spare parts asli dari Suzuki, jaga emosi dan selalu safe ride selama berkendara. Itu saja tipsnya masbro.

One thought on “Solo Touring BORNEO Lintas 3 Negara: Motor Inazuma terbukti tangguh

  1. Hi Mr. SL,

    Do you have planning to solo ride to Peninsular Malaysia?
    You should try once, a lots of adventure and fun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *