CPD Carnet, Dokumen Wajib Bagi Peturing Lintas Negara

MotoBikerz.com dengan Solo Rider Stephen Langitan (SL) dalam waktu dekat ini akan menjelajah BORNEO sekaligus melintas negara tetangga, yaitu Malaysia dan Brunei. Nah, bicara soal persyaratan masuk/keluar negara tetangga maupun ke negara lainnya dengan membawa kendaraan bermotor kita wajib mengantongi sebuah dokumen, yaitu CPD Carnet.

The Carnet de Passages en Douane (sering disebut Carnet atau CPD) adalah salah satu dokumen perjalanan turing ke luar negeri yang sudah dikenal luas oleh para peturing dunia yang sering melintas antar negara, selain memiliki dokumen Passport Pribadi dan SIM International.

Sebut saja peturing Jeffry Polnaja (Kang JJ) yang sudah mengelilingi bumi ini dengan motornya, serta peturing Mario Iroth yang sudah tembus ke banyak negara, yang pasti kedua orang inipun melengkapi dokumen perjalanan dengan CPD Carnet. Bagi mereka CPD Carnet adalah dokumen wajib dan harus dibawa setiap akan masuk ke perbatasan negara. Tanpa CPD Carnet mustahil kendaraan yang dibawa akan bisa masuk ke negara yang berikutnya.

MotoBikerz.com juga pernah memuat perjalanan biker TAB yaitu Bro Ferry “Sapalas” Heriman M dan Dede “Abil” Sutardi dimana kedua biker asal Bandung ini juga wajib melengkapi dokumen perjalanan CPD Carnet saat ke Malaysia dan Brunei beberapa waktu yang lalu (baca artikel ini). Karena dengan CPD Carnet, maka biker Indonesia yang akan masuk ke negara luar dijamin akan aman dan mudah proses imigrasinya di pintu perbatasan.

Jadi, dokumen CPD ini memang benar-benar wajib dikantongi oleh setiap peturing yang akan melakukan lintas antar negara. Oleh karena itu, MotoBikerz.com juga sudah memilikinya dan siap akan digunakan dalam waktu dekat ini. Kabar bagusnya, masa berlaku dokumen CPD Carnet yang diteribtkan oleh IMI (Ikatan Motor Indonesia) adalah 12 bulan, dan isi lembaran CPD Carnet bisa diipakai untuk melewati 10 negara.

Dari pengalaman MotoBikerz.com adapun syarat-syarat untuk proses untuk memperoleh CPD Carnet sebagai berikut:

  1. Punya rencana/tujuan yang jelas mau tuirng kemana
  2. Wajib menjadi anggota IMI (apakah individu atau melalui klub/komunitas)
  3. Memiliki Kartu Anggota IMI yang masih berlaku
  4. Men-download formulir pendaftaran CPD Carnet melalui website IMI. Klik http://imi.co.id/ kemudian pilih menu Wisata dan klik carnet-de-passages-en-douane
  5. Isi formulir tersebut dan lengkapi semua persayaratan yang diminta
  6. Bawa sendiri formulirnya dengan segala persyaratan-nya langsung ke kantor IMI
  7. Berkonsultasi dengan petugas IMI (dengarkan dan ikuti petunjuk dari petugas IMI)
  8. Bayar Rp. 2 juta sebagai biaya administrasi
  9. Deposit uang 25% dari harga motor di FAKTUR (lihat dokumen faktur di BPKB)
  10. Dokumen CPD Carnet selesai dalam waktu 14 hari

VIDEO

One thought on “CPD Carnet, Dokumen Wajib Bagi Peturing Lintas Negara

  1. […] Btw.. namun perlu diingat buat para peturing lintas negara wajib hukumnya membawa CPD Carnet ke pos perbatasan yang ada di Indonesia. Bagaimana cara mendapatkan dokumen CPD Carnet? Baca artikel ini. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *