Menutup GIIAS 2016, Toyota berhasil memenuhi kebutuhan konsumen pasar otomotif Indonesia

S †

Sepanjang penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berlangsung pada 11—21 Agustus 2016, PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil memenuhi kebutuhan konsumen pasar otomotif Indonesia dan juga meraih serangkaian penghargaan prestisius sebagai Favorite Booth GIIAS 2016, Miss Auto Show GIIAS 2016, serta WOW Product Automotive Award GIIAS 2016.

Sepanjang penyelenggaraan GIIAS 2016, kontribusi terbesar penjualan kendaraan Toyota masih berasal dari segmen MPV (All New Calya, Avanza, Sienta, Kijang Innova, NAV1, Alphard dan Vellfire) sebesar 74,14%, kemudian SUV (Rush dan Fortuner) sebesar 15,36%, hatchback (Agya, Etios, dan Yaris) sebesar 8,25%, serta sisanya dari penjualan sedan (Vios, Altis, Camry) dan juga mobil komersial.

Pada GIIAS 2016, Booth Toyota yang di-desain dengan konsep “Let’s Go Beyond, Here for a Wonderful Tomorrow” terpilih sebagai booth terfavorit GIIAS 2016 berdasarkan pilihan pengunjung untuk kategori luas di atas 2.050 m2. Melalui booth ini, TAM ingin para pengunjung GIIAS 2016 dapat melihat dan merasakan berbagai produk andalan dengan desain dan teknologi terdepan yang dikembangkan Toyota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Selain itu, salah satu Toyota Pretty Vega Bellatrix, berhasil meraih gelar Miss Auto Show GIIAS 2016.

Adapun di ajang Indonesia WOW Product Automotive Award GIIAS 2016 yang diselenggarakan khusus bagi peserta GIIAS 2016 oleh PT MarkPlus Indonesia (MarkPlus, Inc), TAM juga berhasil keluar sebagai pemenang dalam 3 kategori penghargaan melalui All New Calya sebagai Best Value Car, Kijang Innova sebagai Best Family Car, dan juga Toyota Safety Sense sebagai Best in Public Education. Penghargaan ini diberikan karena melalui produk ini, TAM telah berhasil membangun ikatan yang kuat (engagement) dengan konsumen.

“Kami berterima kasih atas apresiasi pengunjung dan penyelenggara yang telah memberikan penilaian tertinggi atas partisipasi Toyota pada GIIAS 2016 ini, khususnya untuk booth dan brand ambassador, serta kepuasan konsumen dalam menggunakan mobil Toyota selama ini,” kata Henry Tanoto, Vice President Director TAM.

Meski tidak semata mengandalkan GIIAS 2016 sebagai ajang penjualan, ketertarikan konsumen untuk memiliki mobil Toyota melalui pemaren ini juga cukup besar. Selama penyelenggaraan GIIAS 2016 Toyota membukukan SPK yang cukup baik, melalui berbagai produk andalan seperti Avanza, Sienta, Kijang Innova, Fortuner, Rush, serta produk andalan baru All New Calya. Berdasarkan perolehan SPK selama perhelatan GIIAS berlangsung, tercatat total penjualan 8.286 unit kendaraan.

All New Calya tercatat sebagai kontributor utama penjualan, dengan membukukan 2.225 unit atau sekitar 26,85% dari total SPK. Kendati baru diperkenalkan kepada konsumen pada pembukaan pameran, All New Calya mampu mencatatkan hasil yang baik. Selanjutnya, Avanza membukukan angka penjualan terbesar kedua di bawah All New Calya sebesar 2.123 unit. Avanza berkontribusi sekitar 25,62% dari total SPK Toyota.

Selain kedua produk tersebut, Sienta, Kijang Innova, dan Fortuner menempati posisi 3—5 kontributor terbesar penjualan, di mana Sienta membukukan 893 unit atau berkontribusi sekitar 10,78%, Kijang Innova sebanyak 811 unit atau sekitar 9,79%, dan Fortuner sebanyak 771 unit atau sekitar 9,3% dari total SPK.

“Kami sampaikan apresiasi kami kepada para pengunjung yang datang dan melihat langsung produk-produk Toyota, terutama MPV terbaru kami; All New Calya. Semoga All New Calya bisa menjadi kejutan spesial untuk seluruh pelanggan dan keluarga di Indonesia,” tutup Henry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *