GIIAS 2016: Toyota tampilkan 8 unit mobil dengan sentuhan modifikasi in-house

IF

Pada perhelatan pameran otomotif GIIAS 2016 yang berlangsung 11-21 Agustus 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang, Banten, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menampilkan 8 line-up Toyota yang sudah mendapat sentuhan modifikasi (dress up) yang tahun ini menggunakan konsep Clean and Sleek sehingga tampil lebih menawan.

Sentuhan modifikasi dilakukan staff internal PT TAM (in-house) sehingga hasilnya bisa patut diapresiasi sebagai karya anak bangsa. Melalui konsep modifikasi Clean and Sleek, Product Planning dan Development Division TAM menunjukkan kepada pelanggan cara memperkuat karakter original mobil Toyota dengan hanya menekankan aksen-aksen menggunakan sticker atau mengganti velg.

Selain dress up pada Veloz dan Avanza pada booth Toyota, di GIIAS 2016 ini TAM juga menghadirkan line-up Toyota lainnya yaitu, AGYA, Vios, Yaris, Innova, dan Hilux yang telah mendapatkan sentuhan dress up (modifikasi). Meski tergolong modifikasi ringan (light modification), namun sentuhan konsep clean and sleek dalam dress up mampu menghadirkan kesan yang lebih tajam.

Pada GIIAS 2016 ini, TAM merancang dan mendesain modifikasi pada Veloz 1.5 AT berwarna putih. Tema sticker dan velg-nya adalah Dynamic Bold. Kesan dinamis tergambar pada pola sticker di samping yang mengesankan bahwa mobil bergerak walaupun diam. Sisi bold-nya tergambar pada engine hood dan roof yang diberi sticker hitam dof.

Dalam modifikasi AGYA TRD berwarna putih, penampilan sticker dan velg yang memiliki tema Dynamic Sleek, menjadikan mobil ini tampil lebih dinamis. Kesan dinamis dan tergambar pada corak sticker di samping, dengan elemen biru putih merah yang melambangkan semangat Toyota Let’s Go Beyond.

Ditujukan untuk anak muda yang aktif dan inovatif sebagai kendaraan andalannya, AGYA sejak awal kehadirannya pada 2013 lalu berhasil menjadi market leader. Dalam 7 bulan pertama tahun ini (Januari-Juli), total penjualan AGYA di pasar ritel sudah mencapai 33.522 unit dengan market share 39,1% atau naik dibandingkan tahun lalu 38,9%.

Begitu juga dengan Vios TRD AT Silver yang tampak lebih sporty tapi mature dengan desain sticker minimalis dan body kit. Dalam konsep modifikasi clean and sleek, mobil ini mewakili jiwa profesional muda yang matang dan tetap ingin tampil sporty dengan aksen tegas pada sticker dan body kit yang memperkuat karakter mobil. Sampai saat ini Vios bertahan sebagai market leader di segmen new entry sedan dengan pangsa pasar 53,7%.

Hal yang sama juga dilakukan pada Yaris TRD A/T. Dengan tetap mempertahankan tema Dynamic Clean and Sleek, disain sticker dan velgnya mencuatkan kesan lebih dinamis pada Yaris yang tercatat sebagai market leader dengan total penjualan Januari-Juli 2016 sebesar 9.508 unit dengan pangsa pasar 41,8%.

Kesan dinamis Yaris tergurat pada sticker di samping atas yang inline dengan original sticker TRD di samping bawah. Namun, pola sticker tetap tertata rapi dengan arah meruncing ke belakang untuk menunjukkan bahwa Yaris ini dapat bermanuver dengan lincah. Aksen sticker dari kap mesin-atap belakang mengekspose sisi Sleek dari mobil ini.

Untuk modifikasi Avanza 1.3 G M/T, Divisi Product Planning and Development TAM memberikan nuansa clean and bold. Sebagai kendaraan MPV, tampilan Avanza tampak lebih kokoh dengan desain sticker yang tegas mengalir dari gril depan sampai buritan mobil. Semangatnya adalah untuk menunjukkan bahwa Avanza yang bertahan sebagai mobil terlaris dengan pangsa pasar 47,9% ini siap menjadi kendaraan aman yang dapat diandalkan keluarga Indonesia untuk mengarungi perjalanan dalam kota maupun luar kota.

Modifikasi ringan juga dilakukan pada Hilux TRD. Dengan tema sticker, velg, dan parts modifikasi TRD-nya, yaitu bold memperkuat kesan tangguh pada mobil pick-up Toyota ini. Perpaduan parts original TRD dan desain sticker yang nge-blok menunjukkan bahwa Hilux TRD yang dilengkapi dengan under guard, roll bar, muffler dan over fender ini tak hanya siap dipakai off-road, tetapi tetap berkelas ketika dikendarai ke tempat-tempat hiburan dalam kota.

Sama dengan Avanza dan Hilux, Divisi Product Planning dan Development TAM juga mengaplikasikan modifikasi ringan pada line-up Innova V M/T Silver. Meski modifikasi hanya dilakukan pada velg dengan tema clean, tampilan baru mobil ini kian menegaskan bahwa Innova ini dapat tampil elegan dan rapi.

Veloz Tigre

Khusus pada penampilan GIIAS 2016 ini, TAM merancang dan mendesain modifikasi yang cukup signifikan (high modification) pada Veloz 1.3 A/T dengan tema Tough and Advance. Kata “Tigre” diambil dari Bahasa Italia yang berarti Harimau. Desain modifikasi pada mobil yang berkarakter sporty ini terinspirasi dari Karakter Wajah Harimau Marah (Furious Face) yang dipadukan dengan aura atletis dari seorang atlet.

TAM mengkombinasikan warna sonic titanium pada body dan red mica cristal shine sebagai aksen pada bumper depan. Tidak hanya itu, kombinasi Head Lamp Projector berwarna hitam dan black piano pada grille serta foglamp yang advanced ini membuat tampilan mobil Veloz semakin Gagah dan Garang layaknya Harimau Marah.

Di bagian belakang, modifikasi dilakukan pada rear roof spoiler dengan HMSL, rear backdoor garnish, rear bumper, serta Black taillamp cover. Dipadukan dengan Alloy Wheel 16”, Veloz Tigre mampu meningkatkan value Toyota Grand New Veloz menjadi semakin berkarakter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *