GIIAS 2016: UD Trucks meluncurkan Bogie Axle Lift dan UD Telematics Services

UD Trucks meluncurkan solusi terbaru untuk meningkatkan layanannya kepada konsumen di Indonesia, yakni teknologi Bogie Axle Lift pada truk kategori 5 Quester untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan UD Telematics Services untuk membantu konsumen mengelola operasional transportasi agar lebih efisien dan efektif serta menguntungkan.

Diperkenalkan kepada media untuk pertama kali di pembukaan Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS 2016), UD Trucks optimis bahwa teknologi dan layanan ini akan membantu mengoptimalkan bisnis konsumen.

Presiden Direktur UD Trucks Indonesia Valery Muyard mengatakan, “Sesuai dengan filosofi UD Trucks ‘Going the Extra Mile’, kami terus menghadirkan solusi yang fokus mengoptimalkan bisnis konsumen. Kami bangga dapat menghadirkan teknologi Bogie Axle Lift pada truk-truk kategori 5 yang akan kami pasarkan di Indonesia. Teknologi ini dirancang untuk membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan keamanan berkendara saat truk beroperasi”. Bogie Axle Lift adalah teknologi yang terbukti telah digunakan secara luas di belahan dunia, dan UD Trucks adalah pabrikan Jepang pertama yang memperkenalkan teknologi ini di Indonesia.

Truk Quester yang dijual di Indonesia didesain khusus bagi pasar Asia dan diluncurkan oleh UD Trucks pertama kali pada tahun 2013. Sebagai truk kategori 5, Quester memadukan keunggulan efisiensi bahan bakar yang baik, andal dan berdaya tahan tinggi. UD Trucks terus berinovasi dan memastikan Quester siap melayani konsumen menempuh jarak yang lebih jauh.

Teknologi Bogie Axle Lift tersedia pada truk Quester tipe 6×2 dan 8×2 yang menawarkan keuntungan baru bagi konsumen untuk memperoleh efisiensi bahan bakar yang lebih baik dalam mengoperasikan armada truknya. Truk tipe 6×2 dan 8×2 ini dilengkapi dengan 3 atau 4 poros roda yang semuanya dapat digunakan saat truk membawa muatan penuh.

Teknologi Bogie Axle Lift akan mengangkat satu poros dan roda-rodanya saat truk sedang tidak membawa muatan. Teknologi ini membantu mengurangi penggunaan ban yang sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar.

Teknologi Bogie Axle Lift juga dapat digunakan pada fungsi ‘Bogpress’. Di sini Bogie Axle hanya terangkat sedikit. Hal ini mentransfer ‘sebagian’ muatan dari poros roda kedua (dead) ke poros roda pertama yang meningkatkan traksi pada poros roda pertama dan membantu mencegah kemungkinan truk tergelincir.

Teknologi Bogie Axle Lift memiliki dua fitur:

  • Fitur Boglift : mengangkat poros roda kedua, saat truk tidak bermuatan. Fitur ini mengurangi penggunaan ban serta meningkatkan efisiensi bahan bakar
  • Fitur Bogpress : meningkatkan traksi pada poros roda pertama saat truk membawa membawa muatan penuh dan melintasi jalanan yang terjal. Pada kondisi jalanan seperti ini besar kemungkinan poros roda pertama dapat tergelincir.

Teknologi Bogie Axle Lift dapat menghemat penggunaan bahan bakar dan ban. Pengunjung GIIAS 2016 dapat melihat lebih dekat cara kerja teknologi Bogie Axle Lift ini di booth UD Trucks.

Untuk meningkatkan layanan purna jualnya, UD Trucks juga memperkenalkan UD Telematics Services yang mengelola operasional truk menggunakan internet. “UD Telematics Services adalah sebuah solusi pengelolaan transportasi dari UD yang memberi kenyamanan, dimana konsumen dapat masuk ke situs yang tersedia dan mengecek keberadaan truk, jumlah bahan bakar yang ada dan telah digunakan, dan apakah truk mengalami masalah teknis.

Layanan ini membantu para pengemudi mengevaluasi kinerjanya dan membantu pemilik mengambil keputusan bisnis. Kami menyediakan pojok khusus di booth kami dan konsumen dapat mencoba layanan ini,” tambah Valery.

UD Telematics Services adalah dukungan UD aftermarket untuk memastikan pengelolaan transportasi berjalan efektif. “Untuk memaksimalkan keuntungan bisnis konsumen, UD Telematics Services menawarkan dukungan untuk pengoperasian truk yang aman, meningkatan efisiensi bahan bakar dan memaksimalkan uptime disaat yang sama mengurangi biaya operasional,” sambut CEO PT Astra International UD Trucks Sales Operations Aloysius Chrisnoadhi. Astra International adalah mitra UD Trucks yang telah membangun jaringan penjualan dan layanan purna jual selama lebih dari 30 tahun.

“UD Trucks dan Astra International terus menyempurnakan layanan untuk melayani konsumen dengan keuntungan truk yang optimal. UD Telematics Services adalah global fleet management solutions dari UD Trucks, yang merupakan layanan sistem komunikasi nirkabel berteknologi tinggi disokong oleh jejaring diler UD Trucks dan para spesialis. Layanan ini dirancang untuk meningkatkan posisi kompetitif konsumen melalui pengembangan bisnis dan efisiensi,” pungkas Chrisnoadhi.

Sebagai fleet management solution dari UD Trucks, konsumen akan memperoleh kenyamanan layanan purna jual dan dukungan usaha, termasuk sistem laporan kinerja truk yang efektif mencakup kinerja pengemudi, hingga posisi truk di jalan secara akurat dan real-time. UD Trucks telah mengaplikasikan UD Telematics Services ini di pasar-pasar lainnya di seluruh dunia untuk membantu konsumen meningkatkan kinerja usahanya.

Di sela-sela kunjungan media siang ini di booth UD Trucks, UD Trucks Indonesia dan Astra International UD Trucks Sales Operations juga mengumumkan dimulainya fasilitas perakitan lokal untuk Quester di Indonesia. Dengan menggunakan fasilitas anak perusahaan Astra International PT Gaya Motor, UD Trucks dan Astra International mulai memproduksi truk Quester untuk pasar Indonesia. Dengan demikian kebanyakan model UD Trucks yang ada di Indonesia akan dirakit secara lokal. Fasilitas perakitan di Indonesia ini telah memproduksi truk Quester pertamanya pada awal Agustus 2016.

Tahun ini UD Trucks kembali berpartisipasi di ajang GIIAS 2016, yang berlangsung mulai 11 hingga 21 Agustus 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Pada penyelenggaraan GIIAS 2016 ini UD Trucks juga akan menggelar pelatihan dan kompetisi pengemudi ‘Extra Mile Challenge’ sebagai apresiasi bagi para pengemudi truk.

Pengemudi adalah sosok yang sangat penting dalam memastikan keamanan dan efisiensi operasional truk. The Extra Mile Challenge untuk para pengemudi ini merupakan kelanjutan dari program yang digelar UD Trucks sebelumnya di Jakarta, Semarang dan Surabaya. Kompetisi Extra Mile Challenge akan berlangsung pada 17 & 18 Agustus 2016 di kawasan BSD. UD Trucks juga mengundang media untuk berpartisipasi mengendarai truk Quester di acara Extra Mile Challenge pada 18 Agustus 2016 yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *