Touring Himalaya: Terharu Tiba di Jalan Tertinggi di Dunia Khardung La 18.380 Feet

#11 My 1st time in Khardung La

Rasa terharu memang tidak dapat disembunyikan oleh Rider Stephen Langitan (SL) ketika tiba dijalan tertinggi di dunia Khardung La Top di Ladakh di India bagian utara saat mengikuti ajang touring Himalayan Odyssey 2016 pada 15-16 Juli 2016. Bagaimana tak terharu, karena untuk mencapai lokasi Khardung La Top 18.380 feet yang berada di kawasan pegunungan Himalaya memang tidaklah mudah. Selain alasan waktu, juga masalah biaya tentunya.

Nama Khardung La sudah menjadi salah satu impian yang sudah ditulis dalam buku pribadi yaitu Dream Book milik Rider Stephen Langitan (SL). Pada buku Dream Book tersebut kami menuliskan tentang berbagai rencana tujuan touring dan rencana pribadi untuk kedepannya.

Untuk kegiatan touring dengan sepeda motor, kami menuliskan didalam Dream Book antara lain keliling Sumatera hingga Nol Km Sabang, keliling Jawa-Bali-Lombok, keliling Sulawesi, kelling Borneo, keliling Asean, touring ke benua Eropa dan Inggris, touring ke benua Amerika, touring ke India dan Nepal hingga mencapai jalan tertinggi di dunia Khardung La.

Ternyata mujizat dari Tuhan datang kepada kami, melalui undangan yang terima dari Royal Enfield yaitu sebuah pabrikan sepeda motor ternama di India, perusahaan ini mengajak kami ikut serta dalam acara touring adventure tahunan Himalayan Odyssey sambil menyusuri pegunungan Himalaya khususnya di negara India bagian utara yang sudah sangat dekat dengan perbatasan China dan Pakistan

Tentu saja ajakan Royal Enfield ini kami terima walaupun sifatnya sangat mendadak. Tetapi kami sangat bersyukur kepada Tuhan karena semua dokumen yang menjadi persyaratan dapat dilengkapi tepat waktu dimulai dari passport, travel insurance, dan medical check up (MCU). Terlebih lagi, kami sangat bersyukur karena kami memiliki kebebasan soal waktu, dan tidak terikat dengan siapapun.

Jadi apa sih alasan Rider SL mau ikutan menjadi peserta ajang touring adventure Himalayan Odyssey 2016 ini selama dua minggu?

Alasan yang pertama karena ini adalah keempatan terbaik, artinya Royal Enfield telah memilih dan mengakui dengan pengalaman Rider SL soal adventure touring di Tanah Air, jadi nama kami masuk dalam daftar sebagai nama yang terpilih.

Kedua, karena memang sudah menjadi impian kami yang ditulis dalam Dream Book, maka dari itu kesempatan ini harus diambil, artinya jangan disia-siakan, apalagi sudah ditulis dalam Dream Book dan disini maksdnya adalah “ada sebuah jawaban”.

Ketiga, kami tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun karena masalah biaya semuanya bakal ditanggung oleh Royal Enfield berupa tiket penerbangan, penginapan, sepeda motor, asuransi, MCU, uang saku, uang bensin, uang makan, sim card lokal dan sebagainya. Kami pergi menenteng koper dan pulangnya pun nambah barang bawaan karena Royal Enfield memberikan secara gratis berupa jaket turing, celana turing, helm, sepatu boot, dan sarung tangan (lihat video ini).

Akhir kata terima kasih kepada Royal Enfield yang sudah memberikan kesempatan berharga kepada Rider SL bisa ikut serta menjadi peserta Himalayan Odyssey 2016. Nah, untuk cerita secara lengkap dan video-video tentang pengalaman kami selama di acara HO2016 tersebut, silahkan membuka halaman MotoBikerz.com.

Berikut ini adalah video pada saat kami tiba di lokasi jalan tertinggi di dunia Khardung La Top 18.380 feet (5.600 meter). Semoga ini menjadi inspirasi bagi masbro yang punya hobi naik motor dan turing keluar kota.

One thought on “Touring Himalaya: Terharu Tiba di Jalan Tertinggi di Dunia Khardung La 18.380 Feet

  1. […] Pada acara tersebut, motor Royal Enfield Himalayan dikendarai dengan sangat mudah hingga mencapai Khardung La Top yaitu jalan umum tertinggi didunia 18.380 feet (5600 […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *