Oli Federal Racing terbukti mampu menempuh 6.000 Km lebih

Setelah melewati Gunung Tinombala

Setelah melewati Gunung Tinombala

Ajang berkendara sepeda motor seorang diri telah dijalani oleh solo rider Stephen Langitan (SL) dengan rute Lintas Jawa-Sulawesi (pulang pergi). Solo touring ini menempuh jarak 6.000 Km selama 32 hari sekaligus membuktikan kinerja pelumas Federal Oil, yaitu Federal Racing 10W-40.

Sepeda motor Suzuki Inazuma GW250 tahun 2013 yang digunakan adalah milik pribadi SL . Mengapa memilih pelumas Federal Racing? Sebelumnya kami sudah pernah membuktikan pelumas Federal Racing dalam ajang Solo Touring Sumatera – Nol KM Sabang pulang pergi sejauh 5.500 Km. Kualitasnya bagus dan tarikan mesin tetap joss. Oleh karena itu oli ini tetap dipakai dan diuji kembali untuk touring Sulawesi.

Seminggu sebelum start pada 27 Februari 2016, pelumas Federal Racing 10W-40 dituang sebanyak 2 liter. Inazuma adalah motor sport touring bermesin 2 silinder yang terkenal bandel dan tangguh untuk jarak jauh.  Perjalanan tahap pertama adalah menempuh jalur Cinere Depok menuju Pelabuhan Perak Surabaya via pantura sejauh 775 km dalam waktu 18 jam. Perjalanan non-stop kecuali isi bensin, sarapan, makan siang, dan istirahat ngopi.

Dari Surabaya kemudian motor diangkut dengan kapal motor menuju Kota Makassar. Pada tanggal 1 Maret 2016 perjalanan Solo Touring Sulawesi tahap kedua dimulai. Rutenya mulai dari Kota Makassar – Sengkang – Makale Tana Toraja – Palopo – Mangkutana – Poso – Parigi – Gorontalo – Kotamubagu – Tomohon dan tiba di Manado pada 14 Maret 2016.

Suzuki Inazuma melakukan servis ringan di bengkel Suzuki Sinar Galesong di Jl. Wolter Monginsidi, Malalayang, Kota Manado. Mekanik Suzuki memeriksa sendiri kualitas pelumas Federal Racing yang masih dipakai sejak start dari rumah, dan saat itu catatan perjalanan sudah mencapai 3.244 Km. Menurut mekanik, pelumas tersebut masih bagus, volumenya tidak berkurang dan masih layak untuk diteruskan. Artinya, motor Inazuma tidak perlu ganti oli!

Setelah sepekan berada di Sulawesi Utara, maka perjalanan pulang atau tahap ketiga pun dimulai. Start dari Kota Tomohon Sulawesi Utara pada Sabtu, 19 Maret 2016 dan rute pulang adalah Tomohon – Tanawangko – Lolak – Kwandang – Buol – Toli-Toli – Gunung Tinombala – Toboali – Palu – Donggala – Pasang Kayu – Mamuju – Majene – Polewali – Pare-Pare dan tiba di Makassar pada hari Kamis, 24 Maret 2016.

Sebuah pengalaman menarik yaitu pada saat melewati rute Toli-Toli ke Palu, kami sengaja memilih jalur Gunung Tinombali kemudian tembus di Kota Raya yang berada di Jalan Trans Sulawesi Pantai Timur Sulawesi Tengah. Kondisi jalan di Gunung Tinombala rupanya sudah hancur lebur, dan sepertinya sudah dilupakan oleh pemda setempat karena jalan antara Palu – Toli-Toli via pantai barat jauh lebih baik.

Namun demikian, kami sudah kepalang tanggung berada di rute Gunung Tinombala dan tidak mungkin untuk balik arah. Jalan rusak di Gunung Tinombala terpaksa harus dilewati dimana kondisi jalannya berbatuan, tanah liat, penuh semak-semak, lewat hutan, sepi dari lalu-lintas kendaraan benar-benar sangat sepi. Hanya motor yang layak lewat sana dan jalanpun semakin rusak tergerus air hujan. Bagusnya Suzuki Inazuma GW250 yang terkenal motor berat, dan full box ini mampu melewati rute berat Gunung Tinombala tanpa ada kendala atau keluhan sedikitpun.

Usai istirahat makan siang, di Trans Sulawesi Pantai Timur kawasan Timombo, kami bertemu dengan seorang mekanik motor Yamaha asal Buol yang sama-sama hendak ke Palu. Dalam obrolan, mekanik tersebut tak menyangka kalau Inazuma 250cc ini bisa tembus rute berat Gunung Tinombala. Singkat cerita ia membantu melakukan pengecekan kampas rem dan kualitas pelumas Inazuma, dan ternyata semuanya masih oke dan perjalanan bisa diteruskan.

Setelah tiba di Makassar, besoknya Jumat 28 Maret 2016 motor Inazuma kembali diangkut Kapal Motor Kirana tujuan Surabaya. dan kami ikut serta dengan kapal tersebut. Tiba di Surabaya hari Minggu subuh 27 April 2016.

Perjalanan tahap ke-empat adalah perjalan pulang dari Kota Surabaya Jawa Timur, menginap di Semarang dan Bandung. Akhirnya solo rider Stephen Langitan tiba di rumah Cinere Depok pada Selasa 29 Maret 2016 pukul 17.00 dengan kondisi aman maupun kendala pada motor setelah menempuh jarak sejauh 6.000 Km.

Penggantian oli dan servis motor kemudian dilakukan pada hari Jumat, 1 April 2016 di bengkel Suzuki Karisma Motor Jl. Cinere Raya, Depok. Ko Welly sebagai mekanik sekaligus pemilik bengkel kemudian menuangkan pelumas bekas dari Suzuki Inazuma ke baskom, katanya singkat bahwa pelumas Federal Oil ini memang bagus sudah terbukti dan teruji bisa tembus 6.000 Km.

Dari hasil pemeriksaan di bengkel Karisma Cinere ini bisa dibilang kondisi mesin motor Inazuma tetap bagus, sama sekali tidak ada ada suku cadang atau part di dalam mesin yang harus diganti kecuali filter oli, dan kanvas rem. Kemudian Ko Welly menuangkan pelumas baru Federal Racing 10W-40 sebanyak 2.3 liter ke motor Inazuma yang akan dipakai untuk touring selanjutnya. Oh ya.. catatan penggantian oli Federal Racing ini sebenarnya diangka 6.350 Km.

Kesimpulan:

Selama menjalani Solo Touring Lintas Jawa – Sulawesi sejauh 6.000 Km selama 32 hari, pada prinsipnya Suzuki Inazuma GW250 sama sekali tidak ada masalah apapun pada mesin, maupun pada bagian yang lainnya. Tidak ada keluhan soal kinerja mesin yang setiap hari dipacu melewati berbagai macam kondisi jalan. Pokoknya motor tetap joss dan asyik-asyik aja.

Pada jalan lurus, panjang, Inazuma sering dipacu pada kecepatan 100-120 km/jam dan sesekali tembus diangka 130 km/jam. Terima kasih kepada perusahaan PT Federal Karyatama yang sudah mendukung ajang Solo Touring Lintas Jawa-Sulawesi 6.000 Km ini. Pelumas Federal Racing benar-benar awet dan tangguh. Zero accident and zero trouble!

Nantikan perjalanan solo rider Stephen Langitan yang berikutnya, yang akan mememutari pulau Kalimantan sesuai arah jarum jam (masuk ke Malaysia dan Brunei).

One thought on “Oli Federal Racing terbukti mampu menempuh 6.000 Km lebih

  1. mantabbb RR-nya juragann, jadi penginn nih ikutan keliling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *