Solo Riding menuju Manado, Lintas Jawa – Sulawesi 5.500 Km (pp)

PetaSulawesi-01-21

Kembali ajang solo touring (berkendara seorang diri) akan dijalani oleh StephenLangitan.com dengan rider Stephen Langitan (SL) dalam waktu dekat ini (Februari – Maret 2016) dengan tujuan kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Perjalanan pulang-pergi dari Depok – Manado ini disebut dengan nama “Lintas Jawa – Sulawesi” dengan total jarak sejauh 5.500 Km (minimal) hingga 6.500 Km (maksimal), dan diperkirakan akan memakan waktu kurang lebh 25 hari.

Sebenarnya perjalanan solo touring ini bukanlah yang pertama kali dijalani oleh SL, karena ditahun 2015 sudah banyak event yang dijalani SL berkendara seorang diri, antara lain Lintas Jawa-Bali-Lombok sejauh 3.250 Km, Lintas Sumatera – Nol Km Sabang sejauh 5.500 Km, dan banyak event solo touring yang lainnya di pulau Jawa.

Lintas Jawa-Sulawesi 5.500 Km ini memang sudah direncanakan sejak tahun lalu, dan sudah ada didalam agenda Solo Touring SL. Oleh karena itu berbagai persiapan turing telah dilakukan sejak awal tahun 2016 yang sekaligus mengajak beberapa perusahaan yang bersedia menjadi sponsor atau berkerjasama dalam perjalananan ke Sulawesi ini.

Sesuai rencana, perjalanan solo touring ini akan dimulai dari markas StephenLangitan.com yang berlokasi di Cinere, dan langsung bablas riding ke Surabaya, Jawa Timur via Pantura. Setelah itu meluncur ke Pelabuhan Tanjung Perak dimana sepeda motor Suzuki Inazuma akan menyeberang ke Makasar menggunakan angkutan kapal laut selama 30-36 jam. Sementara itu SL memilih terbang dari Surabaya ke Makasar.

Rute selama di pulau Sulawesi, start riding mulai dari Makasar kemudian mengambil jalur Trans Sulawesi Barat (pantai Barat Sulawesi) menuju Polewali-Majene-Mamuju hingga kota Palu, dan kemudian lanjut ke Gorontalo, dan Kota Manado.

Sementara itu, untuk jalur pulang dimulai dari Kota Manado menuju Gorontalo kemudian meluncur ke Parigi dan Poso. Jika waktu masih memungkinkan akan diteruskan ke Luwuk. Setelah dari Luwuk menuju Morowali dan terus ke Danau Poso. Selanjutnya ke Wotu-Masamba-Palopo dan Tanah Toraja. Selesai berwisata di Toraja, lansung meluncur ke Makasar via Watampone (detailnya silahkan lewat peta).

Dari Makasar menuju Surabaya, kembali motor diangkut dengan kapal laut, dan SL lebih suka memilih jalur udara. Dari Surabaya ke Jakarta, sepeda motor akan tetap dikendarai oleh SL sampai ke markas StephenLangitan di Cinere Depok.

Oh ya, selama di perjalanan solo touring Lintas Jawa-Sulawesi sejauh 5.500 Km ini ada beberapa tugas penting yang akan dikerjakan oleh SL, yaitu:

  1. Pengujian sepeda motor Suzuki Inazuma GW250
  2. Pengujian pelumas Federal Racing (Federal Oil) menembus jarak 5.500 – 6.500 Km
  3. Pengujian ban Michelin Pilot Road 4 menembus jarak 20.000 Km
  4. Pengujian produk gear & apparel RESPIRO
  5. Pengujian sepatu Viper Shoes 7Gear
  6. Pengujian helm terbaru SIRCON Cargloss Helmet
  7. Melihat ketersediaan BBM di SPBU Pertamina di Sulawesi

Perjalanan solo touring ini mengusung tema yang sama dari perjalanan sebelumnya, yaitu “Aman, Nyaman dan Santai”. Keamanan (safety riding) dan kesehatan menjadi hal utama (mutlak), kemudian memilih kenyamanan riding atau tidak terburu-buru, dan terakhir adalah memilih waktu santai yaitu menikmati setiap moment yang indah sambil membuat dokumen foto dan video.

Akhir kata, secara pribadi SL mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan sponsor yang telah bersedia mendukung event Solo Riding “Lintas Jawa – Sulawesi 5.500 Km” ini, yaitu:

  1. PT Suzuki Indomobil Sales (2 Wheels)
  2. PT Federal Karyatama (Federal Racing Oil)
  3. PT Michelin Indonesia (Michelin Pilot Road 4)
  4. PT GIVI Indonesia (Top Box Givi E45)
  5. PT Sinergi Ventura Pratama (RESPIRO Ridingware)
  6. Cargloss Proriders (Sircon Cargloss Premium Helmet)
  7. 7Gear (Viper Shoes)

PetaSulawesi-01-2

 

 

VIDEO SPONSORSHIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *