JAS 2015: Mercedes-Benz GLE 400 AMG Coupé menjadi unggulan

IF

Pada perhelatan Jakarta Auto Show (JAS) 2015 di JCCC Senayan Jakarta, bisa jadi sosok mobil asal Jerman Mercedes-Benz GLE 400 AMG Coupé menjadi salah satu unggulan yang akan menarik perhatian para pelanggan di Indonesia. Mengapa? Pasalnya menampilkan unsur coupé yang sporty dipadu oleh karakteristik tangguh sebuah SUV.

Selain performa on-road yang dinamis, kendaraan ini terlihat sangat menawan. Dengan sisi kendaraan yang berkontur, memanjang dan rendah emisi, serta  kisi-kisi radiator yang menyolok terpusat bersama chrome louvre, ditambah dengan desain belakang yang menarik membuat gaya fitur yang khas terutama pada model sporty Mercedes-Benz.

Mesin, Kinerja, dan Keramahan Lingkungan – Mercedes-Benz GLE 400 AMG Coupé digerakkan oleh mesin bensin V6 2996 cc, menghasilkan daya output 245 kW (333 dk) dan torsi maksimum 480 Nm antara 1,600-4,000 rpm. Kendaraan  ini mampu melesat dari 0 san mpai 100 km/jam dalam waktu 5.9 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 247 km/jam.

Dilengkapi dengan transmisi otomatis 9G-TRONIC yang merupakan transmisi kecepatan-9 otomatis tercepat di dunia dengan converter torsi hidrodinamis di segmen premium yang dikembangkan oleh Mercedes-Benz dan fitur DYNAMIC SELECT yang memberikan penanganan kendaraan lincah berperforma tinggi.

Sistem Keamanan & Bantuan – Mercedes-Benz GLE 400 AMG Coupe merupakan salah satu kendaraan teraman di segmennya. Rangkaian keamanan lengkap diperkuat oleh kantung udara yang lengkap serta fitur keamanan yang dirancang untuk memberikan perlindungan optimal terpadu dalam empat tahap: pada saat berkendara, dalam keadaan bahaya, pada saat kecelakaan, dan paska kecelakaan.

Maka dari itu kendaraan ini dilengkapi dengan fitur DISTRONIC PLUS, Intelligent Light System dengan Highbeam Assist dan Collision Prevention Assist Plus, salah satu system keamanan terdepan di Indonesia. Sistem yang memiliki jangkauan 80 meter dengan kecepatan maksimum 250 km/jam, memberikan peringatan visual jika jarak objek di depan kendaraan mulai mengkhawatirkan.

Fitur 4MATIC penggerak seluruh roda untuk berkendara dan handling yang aman pada permukaan apapun. Distribusi tenaganya 50:50 diantara bagian depan dan belakang axle memastikan penanganan yang mudah dan superior.

Keunggulan yang tak kalah penting adalah teknologi Active Parking Assist yang dilengkapi dengan kamera mundur yang inovatif menggunakan kemudi aktif dan aktuasi rem untuk memberikan bantuan saat mencari lahan parkir, ataupun saat masuk dan keluar dari lahan tersebut. Kamera mundur secara otomatis akan diaktifkan apabila transmisi kendaraan berada di posisi mundur.

Ringkasan data inti:

  GLE 400 AMG Coupe
Perpindahan total (cc)  

2996

Daya (kW [dk] pada rpm)  

245 [333] / 5250 – 6000

Torsi (Nm pada rpm)  

480 / 1600 – 4000

 

Tarikan Koefisien (Cd) 0.36
Konsumsi Bahan Bakar (l/100km)

Kombinasi

8.9 – 8.7
Tipe Bahan Bakar Bensin
Emisi CO2 (g/km)

Kombinasi

207 – 199
Standar Emisi Euro 6
Akselerasi 0-100 km/jam (detik) 5.9 detik
Perkiraan Kecepatan

Puncak (km/jam)

247 km / jam
Roda Velg aloi ringan 21” AMG dengan 5 jeruji kembar
Panjang x Lebar x Tinggi

(dalam mm)

4891 x 2003 x 1719
Harga (Rp. off the road) 1,559 milyar

Eksterior – Dengan konsep desain sporty yang memancarkan superioritas dari kendaraan jenis coupé yang dipadukan dengan proporsi SUV menghasilkan lengkungan dan tarikan garis berkarakter. Kendaraan ini juga memancarkan tampilan menarik bodystyling khas lini AMG pada bagian depan dan belakang, serta veleg aloi ringan 53.3 cm (21-inci).

Karakter ini juga ditonjolkan melalui kisi-kisi radiator vertikal berkontur tegas yang terintegrasi dengan lambang bintang di pusatnya khas kendaraan coupé. Lampu depan yang menarik dilengkapi dengan LED untuk siang hari. Wheelbase panjang memberikan proporsi yang mengagumkan serta jendela dengan proporsi rendah memberikan kesan dinamis.

Bagian belakang kendaraan dengan bentuk dan kontur yang kokoh, dilengkapi dengan running board terbuat dari material aluminum dan cladding pada lengkungan bagian roda memerikan tampilan SUV. Lampu belakang ­LED dengan desain unik memberikan keamanan lebih, serta pintu bagai yang dilengkapi spoiler berbentuk aerodinamis mempertegas karakter coupé, selain itu knalpot terintegrasi menambah kesan sporty pada Mercedes-Benz GLE 400 AMG Coupé.

Interior dan Kenyamanan – GLE 400 AMG Coupé menonjolkan kualitas SUV premium dan karakter coupé sporty dari Mercedes-Benz, dengan penggunaan bahan-bahan bermutu tinggi dan dikerjakan dengan keahlian yang memenuhi standar tinggi khas interior AMG.

Kabin berdesain ergonomis, dengan tampilan mewah menyajikan kondisi ideal untuk kenikmatan berkendara yang sesungguhnya. Fitur-fitur menarik lainnya termasuk roda kemudi sport AMG dilapisi kulit Nappa dan panoramic sliding sunroof, yang memberikan kemewahan ekstra.

Mercedes-Benz GLE 400 AMG Coupé dilengkapi dengan dashboard dilapisi kulit ARTICO serta tempat duduk sport yang dilapisi kulit Nappa berwarna hitam dan jahitan merah buatan tangan. Tempat duduk tersebut dapat disesuaikan secara elektrik dan dilengkapi dengan penyokong pinggang empat arah untuk pengemudi dan penumpang depan. Tempat duduk bagian belakang yang dapat dilipat 60:40 dan rata dengan lantai kompartemen.

Meski bagian luarnya mengusung desain coupé, interior GLE 400 AMG sangat luas dan mampu memuat lima orang. Kursi belakang GLE Coupé bahkan merupakan yang terlebar dalam kelasnya. Dengan muatan beban 1,720 liter, kendaraan ini juga memiliki rekor bagasi terbesar dalam segmen coupé.

Generasi terbaru COMAND Online menyediakan infotainment sempurna dengan tampilan TFT sebesar 20.3 cm (8-inci) dan layar sentuh interaktif. Dipadukan dengan komponen teknikal dan teknologi Logic 7® dari Harman Kardon mampu menghasilkan surround sound otentik.

Para penumpang juga akan menikmati suara 360 derajat yang bergema dari kedua stereo dan rekaman 5.1 multi-channel. Sistem suaranya dilengkapi 14 loudspeaker berkualitas tinggi yang dirancang khusus agar sesuai dengan kondisi akustik kendaraan.

Amplifier DSP bertenaga tinggi dilengkapi dengan digital signal processor (DSP) yang menggunakan tenaga computer tertinggi untuk memantau respon frekuensi untuk memastikan suara akustik yang merdu. Ditambah lagi dengan pengatur suara speed-sensitive memberikan kualitas suara yang seragam dengan ters menerus memadukan volume suara dengan kecepatan kendaraan.

Mengemudi GLE 400 AMG Coupé semakin nyaman dengan fungsi KEYLESS-GO yang membantu membuka dan menutup pintu kendaraan secara otomatis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *