Goodwood Revival Festival, sebenarnya acara apaan sih?

IMG_4922

Kehadiran kami dari StephenLangitan.com | MotoBikerz.com, bersama seorang rekan wartawan Tabloid Otomotif di Inggris selama akhir pekan lalu (11-13 Sept 2015) pada awalnya masih buta, dan sama sekali belum terlalu jelas dengan acara yang bernama “Goodwood Revival Festival” yang digelar di Chichister, West Essex, UK. Namun beruntung dengan mengikuti undangan ROYAL ENFIELD akhirnya kami dapat mehami acara tahunan tersebut.

Sebagai gambaran, bahwa acara Goodwood Revival Festival ini sebenarnya menggelar banyak kegiatan dengan “suasana pada era tahun 1950-an hingga tahun 1970-an”.

Ya, semua peserta maupun pengunjungnya diharapkan dapat mengenakan kostum pada jaman itu, demikian pula kendaraan yang dibawa setidaknya model klasik, maupun retro tapi masih layak jalan. Pada halaman ini ada rekaman video yang menunjukkan suasana di halaman parkir khusus para pengunjung acara Goodwood Revival Festival 2015.

Pertama, ketika kami datang dengan mobil tahun 2000-an hingga yang mobil terbaru diminta oleh petugas parkir untuk parkir kendaraan di area paling depan yang letaknya cukup jauh dari lokasi acara. Kemudian kami harus berjalan kaki menuju ke dalam, dan disanalah melihat sendiri ada ratusan kendaraan kuno yang masih terawat dan layak jalan diizinkan parkir ke area dalam di halaman rumput.

Mobil kuno, mobil klasik, dan apapun itilahnya semua ada disana. Ada banyak ragam merek, dan model dan yang pasti kondisinya jangan ditanya. Semuanya masih apik bro!

Hal ini yang membuat kami bingung pada hari pertama di acara Goodwood Revival Festival pada Jumat, 11 September 2015. Pasalnya baru kali kami melihat deretan mobil kuno dan mobil klasik tertata secara rapi di halaman rumput yang begitu luas. Keinginan untuk memotret atau merekam video satau persatu sebenarnya sudah ada niat, tapi saking banyaknya membuat kami keawalahan.

Selain itu, kami melihat bagaimana pemiliknya, atau keluarganya serta sahabat-sahabatnya  yang mengenakan pakaian pada jaman tahun 1950 – 1960-an, dimana usia mereka kebanyakan sudah berumur, tapi masih awet muda. Mereka berjalan sambil bergandengan tangan dengan pasangannya, maupun dengan anak-anak serta cucu-cucu. Terik matahari membuat suasana menjadi hangat dimana mereka membawa kursi atau alas untuk duduk dirumput sambil bercanda ria. Wah seru dan eksotis sekali.

Sementara itu dari arah bagian dalam terdengar ada suara balapan mobil dan motor kuno yang juga sedang berlangsung di lokasi Goodwood Circuit. Tak itu saja, kami juga melihat akrobat pesawat-pesawat model jaman dulu bolak-balik mengudara melintas di area acara. Menurut peta panduan , sebenarnya di kawasan Aerodrome ada banyak deretan pesawat kuno diparkir, mereka juga ikut berperan meraimaikan acara tahunan Goodwood Revival Festival.

Pada artikel ini, kami hanya menyajikan atau menceritakan bagaimana suasana acara di area parkir depan khususnya di hari pertama dan belum sempat masuk kedalam lokasi area yang lebih dalam, antara lain suasana bazar (tenda yang berjualan produk barang klasik), kemudian balapan mobil/motor kuno, maupun atraksi pesawat-pesawat kuno yang juga seru untuk dilihat secara dekat. Selanjutnya tunggu artikel yang berikutnya.

Oh ya.. sementara kami lagi sedang meliput area parkir bagian depan, kami juga melihat kedatangan rombongan biker ROYAL ENDFIELD dari klub/komunitas yang berada di Inggris. Ya, tentu saja harus diakui ada banyak warga Inggris yang memiliki motor ROYAL ENFIELD dan merekan pun ikut bergabung dengan kami bersama rombongan awak media international di RE Cafe Goodwood Revival Festival 2015.

VIDEO

ALBUM FACEBOOK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *