GIIAS 2015: Royal Enfield Tegaskan Hadir di Indonesia

IMG_3688

Melalui acara press conference yang berlangsung ajang GAIKINDO lndonesia lnternational Auto Show (GllAS) 2015 pada Senin, 24 Agustus 2015, ditegaskan bahwa Royal Enfield, sebuah brand sepeda motor yang sudah terkenal dan mendunia ini, siap menjual berbagai produk terbarunya di pasar otomotif Tanah Air.

Hal ini diungkapkan langsung oleh prinsipal Royal Enfield, yaitu Arun Gopal selaku Head International Business Royal Enfield yang berkantor di India.

“Pada hari ini kami mengumumkan dengan resmi masuknya sepeda motor Royal Enfield ini ke lndonesia, sekaligus mengumumkan rencana-rencana kedepannya untuk lndonesia, pasar kendaraan roda dua terbesar ketiga di dunia, sebagai bagian dari strategi perkembangan pasar internasional dan memperluas segmen sepeda motor berkapasitas mesin menengah di ranah global (250-750cc),” kata Arun Gopal.

Royal Enfield adalah brand sepeda motor tertua yang diproduksi sejak tahun 1901 di Redditch, lnggris. Brand sepeda motor ikonik yang berasal dari lnggris ini merupakan bagian dari Eicher Motors Ltd, pemain terkemuka di ranah otomotif lndia.

Berbicara mengenai brand. Abhijit Singh Brar, Head of Marketing, Royal Enfield mengatakan
“Melihat keadaan bahwa bermotor santai menjadi semakin ekstrim di seluruh dunia, kami percaya
bahwa Royal Enfield dapat menciptakan ruang yang sangat baik.”

“Motor-motor Royal Enfietd tergolong sederhana, menggugah, tangguh, dan menyenangkan, yang
memberikan kesempurnaan berkendara. Modelnya klasik dan tidak ekstrim, sehingga dapat digunakan dalam berbagai kesempatan dan hampir di semua kondisi jalan,” tambahnya.

Kesenangan Berkendara

Menurut Arun Gopal yang sudah melihat baerbagai situasi dan kondisi jalan di Indonesia bahwa motor Royal Enfield akan memberikan kesenangan saat berkendara di kecepatan standar dan tentu saja menyenangkan bagi pemula maupun pengendara yang sudah berpengalaman.

“Kami menggunakan keahlian tradisional dan teknologi modern sebagai sarana untuk mencapai keseimbangan harmoni antara pengendara, mesin dan medan bermotor,” beber Arun pada acara tnaya jawab adenga awak media.

Sementara itu Abhijit Singh Brar menambahkan, “lndonesia saat ini sudah memiliki budaya bermotor santai, yang dapat dilihat dengan hadirnya banyak komunitas riding dan penyuka motor. Di Royal Enfield, kami percaya bahwa esensi dari bermotor adalah eksplorasi dan petualangan, motor-motor kami dapat memberikan esensi tersebut dengan sangat baik, untuk melewati jalan-jalan dan tepi pantai yang indah di lndonesia. Hal ini pun akan mendorong semakin banyaknya masyarakat yang bermotor.”

PT Distributor Motor lndonesia ditunjuk sebagai dealer resmi Royal Enfield

Royal Enfield akan memulai operasional gerai ritel dalam beberapa bulan mendatang melalui dealer
eksklusifnya di Jakarta, bekerja sama dengan PT Distributor Motor lndonesia, yang telah
diresmikan sebagai dealer untuk wilayah ini. Selain gerai, Royal Enfield juga akan membangun
kapabilitas pelayanan dan after market di Jakarta.

Ketika ditanya tentang dealer yang pernah menjual Royal Enfield di Indonesia beberapa tahun sebelumnya, ditegaskan oleh Arun Gopal bahwa hanya PT Distributor Motor lndonesia sebagai perusahaan resmi yang mendistribusikan serta menjual motor Royal Enfield di Indonesia.

Strategi Penjualan di Indonesia

Berbicara mengenai strategi Royal Enfield di lndonesia, Mr Arun Gopal, Head of lnternational
Busrness, Royal Enfield mengatakan:

“Royal Enfield telah menjadi pionir dan mengembangkan segmen motor berkapasitas mesin menengah di lndia. Didukung dengan pertumbuhan ekonomi lebih dari 50% dari tahun ke tahun selama lima tahun terakhir, kini kami berambisi untuk menjadi pemimpin pasar dan mengembangkan segmen motor berkapasitas mesin menengah, yang masih kurang terlayani.”

“Kami percaya bahwa pertumbuhan ini sebagian besar akan berasal dari pasar-pasar seperti lndia, Amerika Latin, dan Asia Tenggara, mengingat tren motor komuter dan ukurannya yang sebanding. Melihat hal ini, kami memasuki Kolombia pada tahun lalu dan produkproduk kami mendapat respon yang sangat baik,”

“lndonesia merupakan pasar yang strategis bagi Royal Enfield. Dengan basis komuter yang besar,
pasar ini memiliki potensi tinggi untuk meng-upgrade motor-motorya, dan tentu saja harus ada
pilihan produk yang optimal. Dengan motor-motor klasik modern, Royal Enfield siap untuk mengisi
kesenjangan ini dan mengkatalisasi perubahan tren ke motor-motor kelas mesin menengah di
lndonesia. Kami akan membangun eksistensi kami dimulai dari Jakarta, dan jika responnya baik,
kami akan memperluas jejak ke kota-kota utama lainnya di lndonesia “, Arun Gopal menambahkan.

Pada tahun 2014, Royal Enfield telah menjual lebih dari 300.000 motor di dunia. Perusahaan
induknya, Eicher Motors Ltd, tercatat pernah meraih total pendapatan tertinggi mencapai 1,4 milyar
USD, dengan kontribusi yang besar dari unit bisnis Royal Enfield. Di CY 2015, perusahaan
bermaksud untuk memproduksi 450.000 motor untuk mendukung strategi pertumbuhan global.

Royal Enfield menampilkan rangkaian motornya yang menggugah di pameran otomotif GIIAS 2015 yang meliputi tipe Bullet yang ikonik (500cc), tipe Classic yang bergaya retro (500cc dan Classic Chrome) dan Continental GT (535cc) cafe racer.

Motor-motor ini dibuat tak lekang waktu, tidak runtit, menarik, dan dapat digunakan di jalanan perkotaan, serta tangguh untuk tounng. atau adventure. Selain motor, Royal Enfield juga menampilkan berbagai koleks gear-nya seperti protective riding gear. Despatch Rider yang baru saja diluncurkan, dan juga aksesoris bermotor lainnya.

2 thoughts on “GIIAS 2015: Royal Enfield Tegaskan Hadir di Indonesia

  1. […] ini berada di India, menyatakan telah siap masuk ke pasar otomotif sepeda motor di Indonesia (baca artikel launching di GIIAS 2015). Kalau begitu bagaimana peluang pasar ROYAL ENDFIELD di […]

  2. […] undangan Royal Enfield Motor Cycle yang baru saja menegaskan kehadirannya di Indonesia (baca artikel launching di GIIAS […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *